Kamis, 4 Juni 2020

Sempat Tetap Ramai Saat Wabah Corona, Akses Pantai Kuta Bali Ditutup

- 5 April 2020, 11:00 WIB
WISATAWAN memadati kawasan wisata Pantai Kuta, Badung, Bali. Wabah virus corona mempengaruhi kunjungan wisata ke Indonesia.* /FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO

PIKIRAN RAKYAT – Akses wisatawan menuju Pantai Kuta di Kabupaten Badung Bali, kini telah ditutup.

Di tengah wabah virus corona, pantai ini tetap ramai dikunjungi turis maupun peselancar.

Sehingga, pihak Desa Adat Kuta menutup sebanyak 40 titik aksesnya.

Baca Juga: Diberi Klorokuin karena Positif COVID-19, Andrea Dian Ungkap Efek Samping yang Dirasakan

Meski cukup menggunakan portal dari bamboo, diharapkan mampu mencegah masuknya wisatawan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Penutupan akses masuk ke pantai kami lakukan karena masih banyak wisatawan maupun pemain selancar yang beraktivitas di Pantai Kuta, meskipun telah ada larangan seluruh aktivitas dan ada penutupan kawasan wisata Pantai Kuta," ujar Bandesa Adat Kuta, I Wayan Wasista di Badung, Sabtu, 4 April 2020.

Antara melansir pihak Bandesa Adat Kuta sebelumnya juga sudah memberikan imbauan terkait penutupan objek wisata tersebut, namun masih saja banyak yang melanggar.

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Kaki untuk Para Wanita

Maka pemasangan portal di akses masuk pantai tersebut diharapkan dapat mengantisipasi terulangnya hal itu.

"Kami memasang portal ini juga karena anggota kami tervatas yang melakukan pengawasan di pantai agar tidak ada wisatawan yang melanggar," katanya.

40 akses yang ditutup portal bambu itu adalah akses-akses masuk pantai yang yang berada di sepanjang Jalan Pantai Kuta.

Baca Juga: Seperti Zoom, Skype Kini Bisa Diakses Tanpa Daftar, Simak Caranya

Sedangkan untuk akses masuk pintu utama yang ada di sebelah selatan juga tetap ditutup namun menggunakan menggunakan barrier.

"Pemasangan barrier di gerbang akses utama itu karena gerbang itu merupakan satu-satunya akses bagi petugas kami yang melakukan patroli di sepanjang pantai, kalau akses yang berbatasan langsung dengan Pantai Legian itu tidak ditutup, Sementara akses lainnya yang dari jalan raya sudah kami tutup semuanya dengan bambu," kata Wasista.

Ia berharap, para wisatawan dan warga yang berencana berwisata ke Pantai Kuta dapat memahami kondisi saat ini dan mau menerima kondisi terkait penutupan pantai tersebut.

Baca Juga: Sudah Dapatkan Persetujuan, Alat Bantu Pernapasan Buatan Mercedes Siap Diproduksi Massal

Menurut Wayan Wasista, terkait penutupan objek wisata tersebut, juga telah dilakukan sesuai dengan surat edaran dari Gubernur Bali serta Pemerintah Kabupaten Badung.

"Kami ini bertindak dengan menjalankan surat tersebut, tapi, kenyataan di lapangan masih ada yang melanggar. Makanya, kami sekalian saja pasang portal menggunakan bambu," ujarnya.***

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X