Soal Anggaran Dana Virus Corona, DPR : Lebih Baik Berutang pada Rakyat

- 1 April 2020, 09:59 WIB
ABDUL Muhaimin Iskandar.* /DOK. DPR RI

PIKIRAN RAKYAT - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Abdul Muhaimin Iskandar mengaku khawatir mengenai anggaran negara untuk menanggulangi virus corona atau COVID-19.

Ia pun mengkhawatirkan restrukturisasi ekonomi Indonesia di tengah meningkatnya wabah corona, karena kondisi tersebut dapat menambah hutan luar negeri karena keterbatasan anggaran.

“Saya melihat situasi saat ini dengan jumlah anggaran terbatas yang dimiliki negara saat ini justru akan dapat membuka potensi godaan berutang kepada luar negeri.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Aliran Modal Keluar dari Indonesia Rp 167,9 Triliun

"Jangan sampai karena besaran utang membuat Indonesia tidak merdeka,” kata Muhaimin dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam laman resmi DPR RI.

loading...

Sehingga ia berharap pemerintah dapat memikirkan solusi yang logis, cepat dan tepat untuk menutupi kebutuhan anggaran yang besar dalam kondisi saat ini.

Muhaimin pun mengatakan bahwa negara lebih baik berutang kepada warga negara sendiri dari pada berutang kepada luar negeri.

“Tidak apa-apa negara ini berutang kepada mereka yang kaya di negeri ini, intinya dari dalam negeri sendiri. Mari dikumpulkan agar Indonesia dapat merdeka,” ujarnya.

Baca Juga: Rapid Test Covid-19 di Stadion GBLA Kota Bandung untuk 2.948 Warga

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: DPR RI


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X