Selasa, 26 Mei 2020

Tekan Penyebaran Virus Corona, Anggota Komisi IX DPR Serukan Pentingnya Karantina Wilayah

- 30 Maret 2020, 11:57 WIB
ANGGOTA Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI Intan Fauzi meminta agar kekarantinaan wilayah diberlakukan demi menekan penyebaran COVID-19.* /DPR

PIKIRAN RAKYAT - Dalam menekan penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia, pemerintah telah mengimbau untuk melakukan social distancing, bahkan physical distancing.

Namun hal tersebut dianggap tidak efektif dalam membatasi pergerakan masyarakat dan menurunkan penyebaran virus corona, di mana kasus positif virus corona kian meningkat.

Sehingga berbagai pihak mendorong pemerintah untuk memberlakukan karantina wilayah yang dianggap mendajadi solusi agar penyebaran virus corona tidak meluas.

Baca Juga: Video Virtual Reality (VR) Tunjukkan Kerusakan Paru-paru Pasien COVID-19 

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI Intan Fauzi pun meminta pemerintah untuk menerapkan kebikajan yang lebih tegas untuk menekan penyebaran pandemi.

Ia juga menerapkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, khususnya Pasal 53-55 yaitu Karantina Wilayah.

"Langkah ini sangat penting mengingat penyebaran virus ini sudah meluas ke wilayah nusantara. Anjuran tidak ada gunanya selama masyarakat tidak taat.

Baca Juga: Berikut 9 Daftar Toko Retail Dunia yang Tutup untuk Sementara Waktu 

"Apalagi, tidak ada sanksi tegas terhadap warga tidak taat," ujar Intan dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam laman resmi DPR RI.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: DPR RI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X