Sebut Soeharto Kuat Bukan karena Golkar, Salim Said: Dia Nggak Perlu Partai, yang Penting Dukungan Militer

- 26 Januari 2022, 13:15 WIB
Intelektual politik militer, Salim Said, mengatakan bahwa kekuatan Presiden Soeharto bukan karena Golkar tetapi dukungan militer.
Intelektual politik militer, Salim Said, mengatakan bahwa kekuatan Presiden Soeharto bukan karena Golkar tetapi dukungan militer. /Tangkap layar Youtube/Akbar Faizal Uncensored

PIKIRAN RAKYAT - Intelektual politik militer, Salim Said, mengungkapkan beberapa fakta yang terjadi dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Salim Said menyampaikan bahwa ketika itu para intelektual telah mengingatkan jangan sampai Orde Baru adalah demokrasi tanpa PKI.

Kemudian, Salim Said melanjutkan, banyak hal yang dicapai oleh Soeharto karena presiden kedua Indonesia tersebut sangat penuh kekuatan.

Alasan yang menjadikan sosok Soeharto begitu penuh kekuatan, diungkapkan mantan jurnalis ini, disebabkan dukungan militer.

Baca Juga: Perhatian! BPJS Kesehatan Kelas 1,2,3 akan Segera Dihapus, Menkes Beri Alasannya

"Kenapa dia powerful? Dia nggak perlu partai, jadi Golkar itu nggak penting sebenarnya, yang penting itu dukungan militer bagi Pak Harto," katanya.

Dia menegaskan bahwa Soeharto menjadi kuat bukan karena Golkar, dan menyebut partai tersebut hanya untuk memberikan legitimasi.

"Soeharto itu kuat bukan karena Golkar, Golkar itu dapat tempat di parlemen karena tugasnya adalah menduduki kursi-kursi di DPR untuk memberi legitimasi kepada Soeharto," tuturnya.

"Tapi kekuatan Soeharto itu tentara, dan dengan itu Soeharto menguasai semua," sambungnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Youtube Akbar Faizal Uncensored pada 24 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Puput Akad Ningtyas Pratiwi

Sumber: YouTube Akbar Faizal Uncensored

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network