Waspada, Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

- 22 Maret 2020, 17:42 WIB
GEDUNG Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).*
GEDUNG Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).* /KPK.go.id

PIKIRAN RAKYAT - Komisi Pemberantasan Korupsi mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap pihak-pihak yang mengaku KPK atau bekerja sama dengan KPK dengan modus rekrutmen pegawai.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Penindakan Ali Fikri menyatakan, bahwa KPK tidak sedang membuka rekrutmen pegawai.

“Program rekrutmen pegawai KPK selalu diumumkan melalui situs resmi KPK atau surat kabar nasional. Serta tidak pernah memungut biaya administrasi kepada para calon pelamar,” kata Ali, dalam keterangan tertulisya, kemarin.

Baca Juga: Pernah Ikuti Seminar di Bogor, Seorang ODP Virus Corona Jalani Pemeriksaan Didampingi Polisi

Ali mengatakan, saat ini pihaknya tak membuka rekrutmen pegawai, sehingga masyarakat diminta lebih hati-hati dan waspada. Menurut dia, saat ini ada beberapa pihak yang mengaku sebagai mitra KPK dan menyalahgunakan nama KPK.

KPK juga mengingatkan, bahwa saat ini terdapat beberapa pihak yang mengaku sebagai mitra atau pihak kepanjangan KPK dengan menggunakan nama organisasi kemasyarakatan yang mirip KPK serta dalam kegiatannya menggunakan nama KPK,” tutur dia.

Baca Juga: Pantau Prestasi dan Keterbukaan Anggaran, KONI Kota Cimahi dan Dinas Budparpora Bentuk Tim Monev

Dia menuturkan, beberapa oknum yang mengaku sebagai mitra KPK tersebut melakukan rekrutmen dan seolah-olah kegiatan tersebut benar diadakan oleh KPK. Padahal, KPK tidak pernah bekerja sama dan mengadakan kegiatan dengan para pihak yang menggunakan nama yang mirip dengan KPK tersebut.

Dia menyatakan, imbauan tersebut disampaikan terkait informasi yang baru-baru ini diterima KPK pada Selasa 17 Maret 2020 tentang adanya rekrutmen anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan nama mirip KPK di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori.

Baca Juga: Efek Corona, PT KAI Kembalikan Penuh Pembatalan Tiket untuk Perjalanan 23 Maret-29 Mei 2020

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X