Kepala BNPB Prioritaskan Rapid Test Corona untuk Masyarakat yang Pernah Kontak Langsung dengan Pasien COVID-19

- 20 Maret 2020, 11:43 WIB
KEPALA BNPB, Doni Monardo.* /BNPB

PIKIRAN RAKYAT - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebut Gugus Tugas Penanganan Virus Corona telah mendapatkan ijin untuk melakukan rapid test.

Ia pun menjelaskan bahwa target utama untuk rapid test ini adalah masyarakat terutama yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif virus corona.

”Tentunya targetnya adalah masyarakat luas, terutama mereka-mereka yang secara fisik telah mengalami kontak dengan pasien positif dan tentu ini menjadi prioritas utama.

Baca Juga: Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Operator Transportasi Publik Diminta Jalankan Social Distancing Semaksimal Mungkin

"Kalau seluruh masyarakat harus mengikuti atau mendapatkan rapid test ini, mungkin juga akan sulit karena akan sangat banyak penduduk kita, jumlahnya 270 juta jiwa,” ujarnya sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam Setkab.

Doni mengatakan, sebanyak 130 rumah sakit rujukan untuk wilayah DKI Jakarta, hal tersebut termasuk relatif kurang.

Namun ada sebanyak lima rumah sakit swasta yang mau menampung pasien virus corona dan memiliki 1000 unit tempat tidur.

Baca Juga: Penyebab Terjadinya Mata Kering, Salah Satunya Penggunaan Softlens Terlalu Lama

”Demikian juga adanya tawaran dari sejumlah pengusaha, ya karena sekarang ini banyak hotel yang relatif kosong sehingga mereka juga karena kepeduliannya kepada negara, partisipasi masyarakat yang sangat tinggi dan mereka sudah menawarkan.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Setkab


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X