Kepala Daerah Harus Berani Inisiatif Cegah Virus Corona, Dedi Mulyadi: Dampak Paling Besar adalah Psikologis Masyarakat

- 15 Maret 2020, 14:31 WIB
TAMAN Welas Asih di kawasan Tajug Gede Cilodong Purwakarta. Wisata ke tajug ini ditutup dalam rangka mencegah wabah corona.* /HILMI ABDUL HALIM/PR

PIKIRAN RAKYAT – Meminimalisir penyebaran virus Corona di Indonesia, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mendesak pemerintah pusat dan daerah segera ambil tindakan konkret.

Kepala daerah harus berani mengambil tindakan inisiatif untuk pencegahan penyebaran virus Corona di wilayahnya masing-masing.

Paling penting, kata Dedi, dampak paling besar adalah dari aspek psikologis masyarakat.

 Baca Juga: Imbas Virus Corona, Ferrari Terpaksa Hentikan Produksi Mobil hingga Akhir Maret 2020

"Dampak isu penyebaran virus corona jauh lebih merusak aspek psikologi masyarakat dibandingkan dengan proses pemulihan orang yang terjangkit virusnya,” katanya, Minggu, 15 Maret 2020.

Mantan Bupati Purwakarta itu juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan masing-masing dengan sering membersihkan diri dan lingkungan sekitar.

“Seluruh pemerintah daerah di Indonesia harus berani mengambil tindakan inisiatif atas pencegahan penyebaran virus corona di wilayah kerjanya masing-masing,” ujar Dedi.

 Baca Juga: Kabur dan Langgar Prosedur Karantina Virus Corona, Empat Warga Negara Eropa akan Diusir

Dedi mengatakan, salah satu langkah antisipasi dengan meminimalisir kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat.

Dikatakan dia, pemerintah bisa mengambil langkah konkret seperti meliburkan sekolah, menutup tempat wisata dan meminimalisir kerumunan masyarakat seperti konser musik hingga pertandingan sepak bola.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X