Ibu Kota Negara akan Pindah ke Kalimantan Timur, LaNyalla: Jakarta Harus Memilih Mau Jadi Seperti Apa

- 18 Januari 2022, 11:10 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla buka suara soal posisi Jakarta saat Ibu Kota Negara pindah ke Kalimantan Timur.
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla buka suara soal posisi Jakarta saat Ibu Kota Negara pindah ke Kalimantan Timur. /DPD RI

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyoroti posisi Jakarta, mengingat Ibu Kota Negara akan segera pindah ke Kalimantan Timur.

Dalam keterangannya, LaNyalla meminta Jakarta memilih posisinya sendiri di kelas dunia.

"Jakarta harus memilih mau menjadi kota kelas dunia yang seperti apa? Karena secara teori, kita tidak bisa melayani semua," ujar LaNyalla.

LaNyalla menilai melayani semua sama halnya dengan tidak melayani siapa pun. Maka, menurutnya Jakarta mesti menetapkan posisinya apabila ingin menjadi kota kelas dunia.

Baca Juga: Nilai Nusantara Tak Cocok Jadi Nama Ibu Kota Negara Baru, Fadli Zon: Usul Saya Langsung Saja 'Jokowi'

Posisi baru Jakarta, menurut LaNyalla harus diputuskan dengan matang dan sesegera mungkin.

Tak hanya itu, dia meminta keputusan itu juga harus mencermati contoh kota di dunia yang telah melakukan penajaman posisi.

Sehingga, lanjut dia, nantinya Jakarta bisa menjadi kota kelas dunia.

Ia lantas memberikan contoh, apabila Jakarta memilih untuk menjadi pusat keuangan maka acuannya adalah Hong Kong, Tokyo, serta Singapura.

Halaman:

Editor: Tita Salsabila


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network