Selasa, 2 Juni 2020

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, KPK Cek Suhu Tubuh Pengunjung, Saksi, dan Tahanan

- 12 Maret 2020, 15:34 WIB
TERSANGKA Sunarti Setyaningsih (SST) selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air (PU-BMSDA) Kabupaten Sidoardjo dicek suhu tubuhnya oleh petugas pengamanan di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis (12/3/2020). * /Ira Vera Tika/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Petugas pengamanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pengecekan suhu badan, kepada setiap pengunjung yang datang ke Gedung Merah Putih KPK yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain pengunjung, pengecekan suhu badan juga berlaku bagi para saksi dan tahanan lembaga antirasywah tersebut.

Baca Juga: Kasus RTH Bandung, Eks Sekda Kota Bandung Edi Siswadi Diperiksa KPK

“Untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona, petugas pengamanan Gedung KPK melakukan pengecekan suhu badan. Khususnya ditujukan kepada setiap pengunjung yang datang ke Gedung KPK, termasuk para saksi yang dipanggil penyidik KPK,” kata Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri, Kamis, 12 Maret 2020.

Khusus para saksi, lanjut dia, jika ada indikasi suhu badan tinggi, maka akan dikoordinasikan dengan Kedeputian Penindakan dan Klinik Kesehatan KPK. Sedangkan bagi pengunjung biasa, disarankan segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat.

Baca Juga: BP Jamsostek Bersama Kejaksaan Panggil 13 Perusahaan Nakal, Tak Beri Perlindungan terhadap Tenaga Kerja

Sebagaimana pantauan Pikiran-Rakyat.com sekira pukul 13.56, tersangka Sunarti Setyaningsih (SST) selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air (PU-BMSDA) Kabupaten Sidoardjo, sebelum menjalani pemeriksaan dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya oleh petugas.

Sunarti merupakan tersangka kasus dugaan suap, terkait pengadaan empat proyek yang juga menjerat Bupati Sidoardjo nonaktif Saiful Ilah.

Baca Juga: WHO Tetapkan COVID-19 Jadi Pandemi, Sekjen PBB Imbau Negara Perhatikan Fakir Miskin dan Lansia

“Sementara untuk pegawai KPK, pimpinan melalui Sekretaris Jenderal KPK telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2020 tanggal 4 Maret 2020, tentang Kesiapsiagaan dan Waspada Virus Corona. Dan, saat ini pegawai KPK sudah tersosialisasi dan teredukasi dengan baik perihal antisipasi wabah virus Corona tersebut,” tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, Biro Umum KPK pun telah memastikan ketersediaan cairan antiseptic dengan rutin diisi ulang di beberapa area di tiap lantai Gedung KPK. ***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X