Belum juga Puasa Ramadan, 835.000 Tiket Kereta Api untuk Lebaran Telah Terjual

- 10 Maret 2020, 15:17 WIB
SEBUAH Kereta Api melintas di kawasan perkotaan Solo, Jawa Tengah, Rabu, 26 Februari 2020.*
SEBUAH Kereta Api melintas di kawasan perkotaan Solo, Jawa Tengah, Rabu, 26 Februari 2020.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT – Masih ada sekitar satu bulan lebih menuju momen puasa bulan Ramadan.

Belum pasti juga kapan mulai berpuasa, dan hari raya Idulfitri pada kalender masehi.

Baru organisasi muslim Muhammadiyah saja yang menetapkan bahwa puasa Ramadan jatuh pada 24 April 2020 ini.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions Rabu, 11 Maret 2020: Misi Berat bagi Tottenham dan Valencia untuk Melaju ke Babak 8 Besar

Akan tetapi kegiatan mudik Lebaran sudah dipersiapkan jauh hari. Belum juga puasa Ramadan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) telah menjual 835.000 tiket kereta api ke berbagai rute untuk perjalanan Angkutan Lebaran 2020.

Dikutip dari laman Kantor Berita Antara, rute-rute favorit penumpang adalah rute dengan tujuan akhir Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.

“Berdasarkan hasil pantauan pada Rail Ticketing System pada Selasa siang (10 Maret), penjualan tiket KA Jarak Jauh telah mencapai 30 persen dari seluruh tiket yang KAI sediakan,” ujar Vice President Public Relations KAI Yuskal Setiawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, 10 Maret 2020.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Uji Coba 45 Kamera Elektronik Tambahan di Jakarta, Simak Titik Tempatnya

Yuskal menambahkan, jumlah tersebut akan terus bertambah hingga akhirnya masa mudik dan balik lebaran tiba.

Tiket yang paling banyak diburu oleh penumpang untuk mudik ada pada H-3 atau 21 Mei 2020 yang mencapai 56 ribu tiket. Sedangkan untuk arus balik, tanggal terfavorit ada pada H+2 atau 27 Mei 2020 yang mencapai 58 ribu tiket.

Dari data yang didapatkan, KA yang menjadi favorit masyarakat adalah KA Bengawan (Pasar Senen – Purwosari pp), Kertajaya (Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi pp), Tawang Jaya (Pasar Senen – Semarang Poncol pp), Matarmaja (Pasar Senen – Malang pp), Kahuripan (Kiaracondong – Blitar), Pasundan (Kiaracondong – Surabaya Gubeng), Progo (Pasar Senen – Lempuyangan), Serayu (Pasar Senen – Purwokerto), Tegal Ekspress (Pasar Senen – Tegal) dan Sri Tanjung (Surabaya Gubeng – Lempuyangan).

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X