Minggu, 31 Mei 2020

Sempat Jadi Teka-teki dan Dikabarkan Hilang, Keris Pangeran Diponegoro Dikembalikan Raja Belanda kepada Presiden Jokowi

- 10 Maret 2020, 13:07 WIB
PRESIDEN Jokowi dan Raja Belanda melihat bersama keris Pangeran Diponegoro yang baru saja kembali dari Belanda.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Sempat dikabarkan hilang, keris milik Pangeran Diponegoro diserahkan Raja dan Ratu Belanda yang tengah berkunjung ke Indonesia, Selasa 10 Maret 2020.

Kembalinya keris milik Pangeran Diponegoro tersebut disambut Presiden Joko Widodo (Presiden Jokowi).

Pengembalian pusaka milik Pangeran Diponegoro yang sempat hilang itu, dilakukan seiring dengan kunjungan kenegaraan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti ke Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, Selasa 10 Maret 2020.

Baca Juga: 10 Cara untuk Mengatasi Masalah Alergi Terhadap Kucing

Setelah Presiden Jokowi dan Raja Willem Alexander melakukan pernyataan pers bersama, keduanya dengan didampingi oleh Ratu Belanda dan Ibu Negara Joko Widodo mendatangi sebuah displai berupa keris yang ditempatkan dalam kotak kaca.

Keris berwarna keemasan tersebut ditempatkan tak jauh dari mimbar pidato Raja Belanda dan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Kebiasaan Makeup Mungkin Dapat Membuat Rentan Terhadap Virus Corona, Ikuti Tips Berikut agar Tetap Aman

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim terlihat menjelaskan perihal keris tersebut kepada Presiden Jokowi dan Raja Belanda.

Keris itu dikabarkan sempat hilang dan pada akhirnya ditemukan di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda. Setelah melalui penelitian panjang yang mendalam yang juga diperkuat ahli dari kedua negara.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X