Kompleksnya Dinamika Akibat Virus Corona Mesti Diantisipasi Oleh Pemerintah

- 6 Maret 2020, 19:03 WIB
Simulasi penanganan virus corona di RSHS Bandung.* /DOK RSHS BANDUNG

PIKIRAN RAKYAT - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengaku cukup khawatir pada dampak lain akibat penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia. Politisi PKB ini menyebut, selain infeksinya yang sudah masuk Indinesia, virus ini juga dikhawatirkan memberi pukulan pada ekonomi Indonesia.

Dalam diskusi di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat 6 Maret 2020, Jazilul menyebut dampak ekonomi sudah terlihat di antaranya dengan nilai dolar dan indikasi indeks saham gabungan. Karena itu menurut dia, justru yang sangat penting diantisipasi pemerintah saat mewabahnya virus corona ini adalah dampak ekonomi.

“Pemerintah siap nggak mengantisipasi perlambatan ekonomi, penurunan ekonomi akibat virus corona. Jangan sampai virus corona ini dijadikan kambing hitam jika terjadi pelambatan ekonomi, target pertumbuhan ekonomi tidak,” kata Jazilul.

Baca Juga: Indonesia Unggul Sementara 2-0 atas Kenya dalam Playoff Grup Dunia Piala Davis 2020

Sejak mewabahnya virus corona, banyak hubungan dagang yang terganggu dan bahkan juga mengganggu hubungan diplomatik antar-negara. Ditutupnya sementara akses untuk ibadah umrah misalnya.

“Bagi umat Islam Indonesia itu merupakan bentuk krisis. Mereka sudah menabung bertahun-tahun, sudah sampai bandara nggak jadi, dan belum tentu dia kapan berangkatnya. Akibatnya, sekarang ada puluhan ribu orang yang tidak bisa beribadah umrah,” ucap dia.

Situasi yang kompleks ini juga tak menutup kemungkinan bisa memunculkan ketidakpercayaan publik kepada negara. Apalagi selama ini pemerintah bilang Indonesia bebas corona hingga kemudian mengumumkan kalau ada dua orang yang diidentifikasi positif.

“Saya lihat, ada krisis di situ. Justru masalahnya itu ketidak percayaan kepada aparat pemerintah, khususnya jajaran Kementerian Kesehatan terhadap statement yang disampaikan. Ini jadi krisis karena tidak dipercaya,” ucapnya.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X