Cegah Kekerasan Seksual, Psikolog Soroti Pendidikan Seks

- 15 Januari 2022, 06:18 WIB
Ilustrasi korban kekerasan seksual. Psikolog Rose Mini Agoes Salim menuturan,  seks sejak usia dini sangat penting diberikan orangtua terhadap buah hatinya.
Ilustrasi korban kekerasan seksual. Psikolog Rose Mini Agoes Salim menuturan, seks sejak usia dini sangat penting diberikan orangtua terhadap buah hatinya. /Pixabay/Alexa_Fotos

PIKIRAN RAKYAT - Belakangan marak terjadi kasus kekerasan seksual, baik pada perempuan dewasa maupun anak-anak.

Tak sedikit kasus kekerasan seksual yang mencuat ke permukaan, membuat takut masyarakat, terlebih bagi orangtua yang memiliki anak.

Guna mencegah terjadinya kekerasan seksual, Ketua Program Studi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi, menyoroti pendidikan seks pada anak-anak.

Sang psikolog menyebut, orangtua mesti memberi pendidikan pubertas kepada anaknya.

Baca Juga: Susah-Susah Ditutupi, Ayah Lesti Kejora Tak Sengaja Ungkap Rahasia Baby L, Apa Itu?

Lebih lanjut, berdasarkan penuturannya, pendidikan seks terhadap anak-anak juga bisa diberikan sejak anak usia dini.

Dia menuturkan, orangtua dapat mengajarkan buah hatinya untuk mengetahui sentuhan yang boleh serta sentuhan yang tak boleh.

"Ajarkan bahwa tidak semua orang baik. Mereka juga harus tahu sentuhan mana yang boleh dan yang tidak boleh," ujarnya, Jumat 14 Januari 2022.

"Kita ajarkan ke anak-anak kita untuk bisa memberikan tameng pada diri mereka kalau terjadi apa-apa," tuturnya, seperti dilaporkan Antara.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network