Soal Hukuman Mati Jika Diterapkan di Indonesia, Komnas HAM: Bisa Disorot PBB

- 13 Januari 2022, 17:37 WIB
Soal penerapan hukuman mati di Indonesia Komnas HAM soroti bisa jadi sorotan PBB dan dunia internasional.
Soal penerapan hukuman mati di Indonesia Komnas HAM soroti bisa jadi sorotan PBB dan dunia internasional. /Pixabay/mohamed hassan

PIKIRAN RAKYAT - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Beka Ulung Hapsara pada Kamis, 13 Januari 2022 memberikan pernyataan mengenai tuntutan hukuman mati jika diterapkan di Indonesia.

Beka menuturkan bahwa Komnas HAM mengingatkan lembaga penegak hukum di Indonesia agar hati-hati dalam menerapkan kebijakan hukuman mati tersebut.

Pasalnya, jika pidana hukuman mati itu diterapkan, Komnas HAM mengatakan Indonesia bisa menjadi sorotan dunia internasional terkait hal itu.

"Bisa saja disorot PBB atau dunia internasional karena Indonesia masuk ke dalam negara yang masih menerapkan hukuman mati," katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Baca Juga: Viral Pria Jual NFT Foto Selfie Untung Rp13,3 Miliar, Ghozali Everyday Jadi Sorotan

Beka memaparkan meskipun penerapan hukuman mati itu saat ini masih dimoratorium atau ditangguhkan, namun ia mengingatkan pemerintah untuk mengedepankan prinsip kehati-hatian, apabila sudah mengarah pada penerapan hukuman mati.

Ia menambahkan, sebagian besar negara di dunia juga telah melakukan penghapusan mengenai pidana hukuman mati atau paling tidak menunda kebijakan itu.

Selain itu, Komnas HAM juga mengingatkan bahwa Indonesia telah meratifikasi konvensi antipenyiksaan dan perlakukan tidak manusiawi oleh PBB.

Baca Juga: Otak Demo Donasi Gala Sky Sudah Dikantongi, Marissya Icha: Bangkai

Halaman:

Editor: Asytari Fauziah

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X