Jumat, 3 April 2020

Temui Jemaah Terdampak Dihentikannya Layanan Umrah oleh Arab Saudi, Menhub Budi: Ini Hajat Hidup Orang Banyak

- 29 Februari 2020, 07:30 WIB
Sejumlah calon jamaah umrah yang batal berangkat ke Jeddah lewat Singapura tiba di Bandara International Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (28/2/2020). Sebanyak 112 orang calon jamaah umrah dari Sumatera Selatan melalui bandara Changi, Singapura dipulangkan kembali ke tanah air akibat adanya penangguhan visa umrah dan wisata yang dikeluarkan Kerajaan Arab Saudi terkait penyebaran virus corona. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nz /NOVA WAHYUDI

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menemui para calon jamaah umrah yang terdampak penangguhan sementara akses masuk warga negara asing ke Arab Saudi, di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten, Kamis, sekitar pukul 17.30 WIB.

Hal itu sebagai tindak lanjut rapat koordinasi yang diselenggarakandi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) yang membahas isu tersebut.

“Kami hadir ke bandara ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada calon jamaah umrah, karena ini hajat hidup orang banyak. Presiden juga sudah berpesan agar kami betul-betul memperhatikan perlindungan kepada mereka,” jelas Menhub kepada pers.

Baca Juga: Kalahkan Leicster dengan Skor Tipis, Norwich City Akhiri Catatan 4 Laga Beruntun Tanpa Kemenangan

Menhub mengungkapkan, sejumlah calon jamaah umrah yang berada di Bandara Soekarno-Hatta telah ditangani dengan baik oleh agen perjalanan umrah mereka. Tercatat ada 1.200 calon jamaah umrah di bandara Soekarno-Hatta, 500 di antaranya sudah terbang ke Arab Saudi, sementara 700 penumpang belum bisa berangkat. Hingga pukul 19.00 WIB sebanyak 90 persen dari penumpang yang belum bisa berangkat sudah kembali ke kota asalnya.

loading...

“Saya tadi bertemu jamaah dari Palembang, hari ini dipulangkan dengan pesawat ke Palembang. Begitu pun dari Yogyakarta juga pulang hari ini. Kemudian yang dari Temanggung disediakan bus untuk pulang hari ini. Jadi saya apresiasi agen perjalanan yang bertanggung jawab ini,” ungkap Menhub.

Selanjutnya, terkait dengan jamaah umrah dari Indonesia yang akan pulang dari Arab Saudi, Menhub memastikan bahwa maskapai akan bertanggung jawab untuk kepulangan mereka.

Baca Juga: BCL Menangis hingga Peluk Afgan dan Vidi Aldiano Usai Tampil Perdana Setelah Kepergian Ashraf Sinclair

"Kita pastikan maskapai bertanggung jawab menjemput kepulangan jamaah kita yang ada disana. Jadi itu tidak masalah,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X