Sabtu, 4 April 2020

Kerusakan Hutan Indonesia 1,47 Juta Hektare per Tahun

- 28 Februari 2020, 14:16 WIB
SETELAH kebakaran hutan selama 6 bulan, Australia dilanda hujan lebat yang berpotensi banjir bandang. /AFP

PIKIRAN RAKYAT – Anggota Komisi IV DPR, Andi Akmal Pasluddin menyoroti persoalan izin kawasan hutan yang kini dikelola Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang sebelumnya dikelola oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Khusus pada izin pengusahaan hutan dan izin pinjam pakai akan sangat beresiko tinggi bila dalam waktu dekat ini BKPM mengambil alih kewenangan izin ini.

 Baca Juga: 5 Gaya untuk Menyamarkan Rambut Berminyak agar Tampilan Menjadi Lebih Chic

"Perizinan yang berkaitan dengan memacu iklim investasi berbagai jenis usaha, saya setuju semuanya ke BKPM," kata Andi dalam pernyataannya, Jumat, 28 Februari 2020.

Namun khusus pada izin pengusahaan hutan dan izin pinjam pakai akan sangat berisiko tinggi bila dalam waktu dekat ini BKPM mengambil alih kewenangan izin ini. 

"Saat ini instrumen perlindungan kawasan hutan masih sangat rentan untuk di modifikasi dengan berbagai cara mencari celah untuk merekayasa izin ini bisa lolos," ujarnya. 

loading...

Baca Juga: Bisa Kandaskan Arsenal dalam Perebutan Tiket 16 Besar Liga Eropa, Pelatih Olympiakos: Ini Adalah Malam Bersejarah

 Kerusakan hutan tropis pada tahun 2018 saja mencapai 120 ribu kilometer persegi atau setara 30 lapangan bola.

"Pada tahun 2019, Forest Watch Indonesia: 1,47 Juta Hektare Hutan Hilang Tiap Tahun," ujar Akmal.

Politisi PKS ini sangat mengkahwatirkan, akan bahaya deforestasi akibat regulasi perizinan pengelolaan kawasan hutan yang bukan pada kementerian KLHK.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X