Minggu, 5 April 2020

Arab Saudi Hentikan Sementara Layanan Umrah Imbas Virus Corona, Jokowi: Saya Kira untuk Semua Negara

- 27 Februari 2020, 16:17 WIB
JOKOWI /instagram.com/jokowi

PIKIRAN RAKYAT -Pemerintah Republik Indonesia menghormati keputusan pemerintah Arab Saudi untuk menangguhkan visa bagi seluruh jemaah umrah di tengah mewabahnya virus Corona secara global.

Presiden Joko Widodo memahami kebijakan Arab Saudi tersebut yang mulai berlaku pada Kamis, 27 Februari 2020. Menurut dia, kesehatan dan keselamatan warga memang harus menjadi prioritas.

"Itu kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai dan menghormati karena apapun yang namanya kesehatan itu memang dinomorsatukan," ujarnya di The Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta.

Baca Juga: Lima Pemain Senior Masuk Nominasi Kapten Tim Persib Bandung untuk Liga 1 2020

"Saya baru mendapatkan informasi kemarin. Saya kira ini tidak hanya untuk Indonesia, untuk semua negara. Mereka ingin memproteksi, melindungi, warga negaranya dari virus korona. Kita sangat menghargai itu," imbuhnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan, pemerintah Indonesia memahami keputusan yang diberlakukan pemerintahan Arab Saudi untuk sementara. Kebijakan tersebut diambil demi menjaga kesehatan umat yang lebih besar. 

“Kata sementara ini beberapa kali ditekankan duta besar karena saya baru saja menerima duta besar Arab Saudi. Jadi untuk sementara menghentikan izin untuk melakukan ibadah umroh dan kita juga memahami bahwa kebijakan ini diambil demi menjaga kesehatan umat dalam konteks yang lebih besar,” katanya.  

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Hormati Keputusan Arab Saudi yang Hentikan Sementara Layanan Umrah

“Menurut hasil pembicaraan dengan duta besar Arab Saudi tadi siang kebijakan ini berlaku segera setelah diumumkan. Tentunya karena sifat kesegeraan ini ada dampaknya dampak terhadap warga negara kita. Karena pada saat diumumkan ada WNI dari kita atau mungkin warga negara dari negara lain yang sudah terlanjur terbang.” ujarnya. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X