Sabtu, 4 April 2020

Ubah Paradigma Kebudayaan Jadi Dua Program Utama, Mendikbud Nadiem Makarim: Diplomasi Budaya Jadi Prioritas

- 27 Februari 2020, 10:54 WIB
MENDIKBUD Nadiem Makarim.* /PUSPA PERWITASARI/ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim merencanakan tentang pengubahan paradigma kebudayaan dalam dua program utama.

Pengubahan paradigma itu dilontarkannya dalam Rakornas Bidang Kebudayaan di Hotel Grand Sahid, Rabu 26 Februari 2020 malam.

Ada dua poin pengubahan paradigma yang ia lontarkan saat itu.

Baca Juga: Uji Kekuatan Produk Miliknya, Volvo Buat Iklan dengan Tumpuk 4 Truk Setinggi 15 Meter

Pertama, pengubahan paradigma budaya dari defensif menjadi pendekatan yang lebih ofensif dengan mengedepankan diplomasi budaya. Kedua, meluaskan pengertian budaya dengan mencakup penggerakan ekonomi daerah.

loading...

Terkait paradigma diplomasi budaya, Nadiem mengatakan, akan merancang agar budaya-budaya dari Indonesia tampil di panggung dunia.

Baca Juga: Ekskul Pramuka Jangan Dibubarkan hanya Akibat Kasus Susur Sungai SMPN Turi 1, Abdul Fikri Faqih : Ada Tujuan Mulia Dibalik Siswa Ikut Kegiatan

Menurutnya, paradigma budaya saat ini harus diubah, dimana budaya tidak hanya dijaga saja, namun juga ditunjukkan ke dunia luar.

"Jadi, diplomasi budaya merupakan suatu prioritas ke depan. Kalau tidak pada tahun 2020, pada tahun 2021, sudah pasti kita akan segera bergerak maju di panggung dunia," katanya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X