Minggu, 5 April 2020

Keperluan Pencetakan KTP Elektronik Aman

- 27 Februari 2020, 07:47 WIB
ILUSTRASI e-KTP.* /DOK. PR

PIKIRAN RAKYAT - Ketersediaan blangko KTP elektronik aman bagi seluruh daerah di Indonesia, termasuk bagi warga yang segera memasuki usia 17 tahun, dan pencetakan baru.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri mencatat, terdapat sekitar 4 juta warga Indonesia yang segera memasuki usia 17 tahun.

Baca Juga: KPK Menerima Anugerah Penghargaan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019, dengan Kategori Memuaskan

Sementara itu, pencetakan baru sekitar 3 juta, 1,2% dari jumlah keseluruhan wajib KTP elektronik.

Sekretaris Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri I Gede Suratha mengatakan, blangko KTP elektronik sempat berkondisi kurang sepanjang Mei hingga Desember 2019. Saat ini ketersediaan blangko mencukupi kebutuhan sepanjang 2020.

Baca Juga: Diajak Korban Banjir Bermain TikTok, Tya Ariestya: Hiburan Buat Mereka Biar Nggak Stres

"Terkecuali, apabila ada banyak yang melakukan pengubahan data karena berbagai faktor, di antaranya, pergantian alamat, atau pemekaran wilayah.

Apabila hal itu terjadi, berdasarkan perhitungan, persediaan blangko bakal menipis pada Agustus, atau September 2020 ," tutur Gede pada sela-sela Peluncuran Aplikasi Pemutakhiran Data Kependudukan Mandiri (Pemuda), Pengaduan Untuk Cek Pemanfaatan Data (Adu Cepat), Gerai Layanan Istimewa (Geulis), dan Penggunaan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Rabu 26 Februari 2020.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 27 Februari 2020 : Gemini Harus Hati-hati hingga Virgo Siap Naik Level

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X