Embung Sungsang Mampu Penuhi Kebutuhan Air untuk 80.000 SR, Basuki : Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Alternatif

- 26 Februari 2020, 18:35 WIB
Ilustrasi EMBUNG Sriten.*/WILUJENG KHARISMA/PR /

PIKIRAN RAKYAT - Sebagai upaya pengelolaan air untuk mencegah kekeringan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur bidang Sumber Daya Air (SDA) melalui peningkatan kapasitas tampung  seperti bendungan dan embung.

Tercatat selama lima tahun sejak 2015-2018, Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 1.053 embung dan dalam lima tahun ke depan akan dilanjutkan dengan pembangunan 1.000 embung baru. 

Dalam keterangan resmi yang diterima Pikiran Rakyat.com dari Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Rabu, 26 Februari 2020, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penyediaan sarana dan prasarana air bertujuan untuk ketahanan air dan kedaulatan pangan.

Baca Juga: Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Wahidin Disindir Tak Usah Sok Jago karena Absen Rapat Komisi V DPR

Salah satunya pembangunan embung dengan kapasitas tampung antara 1.000 hingga 500.000 meter kubik dan kedalaman di bawah 15 meter. 

“Di beberapa daerah terdapat masyarakat yang masih kesulitan memperoleh air bersih. Realitas seperti ini menjadi perhatian Kementerian PUPR agar selalu berupaya menyediakan infrastruktur, salah satunya melalui pembangunan embung,” kata Basuki. 

Salah satu embung yang telah diselesaikan pembangunannya oleh Kementerian PUPR, melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III pada 2019, adalah Embung Sungsang di Bangkinang Ibu Kota Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Baca Juga: Hati-hati Bahaya dari Parfum Sintetis, Jonner : Yang Natural Bisa Menjadi Peluang Usaha

Embung tersebut dibangun di atas tanah seluas 25 hektare dengan luas genangan 5,5 hektare dan kapasitas tampung 123.750 meter kubik.

Embung Sungsang  dibangun untuk mendukung pemenuhan kebutuhan air baku rumah tangga di Kabupaten Kampar, dengan debit pengambilan sebesar 100 liter/detik setara 80.000 Sambungan Rumah (SR).

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X