45 Lembaga Dikerahkan Evakuasi Siswa Hanyut di Sleman, Jumlah Korban Meninggal 8 Orang

- 22 Februari 2020, 15:27 WIB
Petugas melakukan penyisiran lanjutan untuk mencari sejumlah anggota pramuka SMP N 1 Turi yang tenggelam di Kali Sempor, Pandowoharjo, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (22/2/2020). Saat ini tim gabungan berhasil menemukan sebanyak sembilan korban meninggal dunia yang hanyut terbawa arus aliran Sungai Sempor saat melakukan susur sungai pada Jumat (21/2/2020), sementara satu orang belum terkonfirmasi.* /ANTARA FOTO

PIKIRAN RAKYAT - Tragedi terseretnya ratusan pelajar SMP Negeri 1 Turi, Sleman, Yogyakarta menimbulkan keprihatinan dari berbagai pihak.

Bahkan untuk mencari korban lainnya yang masih belum ditemukan, tim gabungan yang terdiri dari 45 lembaga dikerahkan untuk mempercepat proses pencarian dan evakuasi terhadap siswa yang hanyut di Sungai Sempor sejak Jumat 21 Februari 2020.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo melalui keterangan tertulis yang diterima di Sleman, Sabtu menyebutkan ke-45 lembaga tersebut bekerja di bawah kendali Pos Komando yang bertempat di SMP Negeri 1 Turi, Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga: Film Animasi Riki Rhino Beda dengan Kungfu Panda, Seluruh Produksi Dilakukan di Bandung

"Lebih dari 180 orang bekerja untuk melakukan pencarian dan evakuasi murid kelas 7 dan 8 yang saat itu hanyut karena arus deras Sungai Sempor," kata dia.

Ke-45 lembaga tersebut antara lain BPBD, Basarnas, PMI, TNI, Polri, Dinsos, Tagana, SAR DIY, Rescue 920, Code X, PITU Rescue, GBS, IOF, Bahari, MDMC, SAR Linmas, Sembada Rescue, SAR MTA, PRB Mlati, Ramagama, Pendaki Indonesia, SAR Cangkringan, Banops DIY, Bala SAR, SKB, AMC, Restam, KRI, Kokam Turi, SAR Semesta, Destana, Guruh Merapi, Rescue 328, Kompas, LSC, Mapala Satu Bumi, Mahaguru, Bagana Banser, TRC Gamping, komunitas relawan. Penanganan daruat juga dibantu oleh warga setempat.

Seperti diberitakan Antara, hingga Sabtu 22 Februari 2020 operasi pencarian dan evakuasi terus dilakukan oleh tim gabungan.

Baca Juga: Bermasalah dengan Keamanan Lagi, Link WhatsApp Grup Muncul di Pencarian Google

Pencarian dan penyisiran sungai dilakukan dari tempat kejadian hingga Hotel Gajah dan dibagi menjadi empat sektor.

Sektor pertama berjarak 6.71 km untuk penyisiran, sektor kedua 5,59 km, sektor ketiga 7,91 km dan terakhir 4,98 km. Pos pencarian dan evakuasi berada terpisah dari posko, yaitu di Dusun Dukuh, Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X