Rabu, 8 April 2020

Diragukan Banyak Pihak Indonesia Bebas COVID-19, Menteri Kesehatan Terawan: Lihat Saja Realitanya

- 15 Februari 2020, 11:17 WIB
MENTERI PMK Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Terawan, dan Kepala BNPB Doni Monardo ketika tiba di Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu, 15 Februari 2020.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan jajaran sudah tiba di Pulau Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu, 15 Februari 2020.

Kedatangan menteri tak lain untuk menjemput pulang 200 lebih warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok, dan menjalani observasi.

Semua WNI dinyatakan negatif terpapar virus corona COVID-19. Dengan demikian tidak ada satu pun kasus positif coronavirus di Indonesia.

Baca Juga: Petugas Kesehatan Harus Berada di Garda Depan Memerangi Virus Corona COVID-19, Spesialis: Harganya Terlalu Tinggi

Namun, banyak pihak yang meragukan pernyataan Indonesia bebas virus corona, tak terkecuali Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun demikian Terawan menolak berdebat dengan pihak-pihak yang meragukan kemampuan Indonesia untuk mendeteksi COVID-19.

Ia mengatakan sejauh ini realitanya memang belum ada kasus positif di tanah air.

"Orang meragukan terserah dia, masak saya harus bilang kamu jangan meragukan. Tidak boleh. Liat saja sendiri, cek sendiri itu benar apa tidak. Karena itulah nomor satu kenyataannya bagaimana, apa yang kita lihat, realitanya seperti apa, itu yang lebih penting dibandingkan saling jawab menjawab," kata Menkes Terawan, ketika ditemui sebelum terbang ke Natuna di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu.

Baca Juga: Anak Pendiri Majalah Playboy Tuai Prestasi, Lulus Pelatihan Angkatan Udara Amerika Serikat

Antara melansir bahwa sejauh ini, kata Menkes Terawan, sesuai realita bahwa Indonesia belum memiliki kasus positif COVID-19.

Peralatan yang dimiliki pun sudah mumpuni sesuai dengan standar untuk memeriksa apakah pasien terinfeksi penyakit itu atau tidak.

Sejauh ini, sudah beberapa orang diperiksa dalam rangka dugaan terinfeksi COVID-19 tapi semuanya diumumkan negatif untuk penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu.

Baca Juga: Akhir Trilogi Film Dilan, Milea: Suara dari Dilan akan Tayang di Malaysia

Menkes sendiri mengatakan pemerintah akan terus berusaha melakukan pemeriksaan sesuai proses yang ada di lokasi manapun di Indonesia dan akan terus memantau kondisi-kondisi yang ada.

Sebelumnya, terdapat dugaan seorang warga Kepulauan Tanimbar, Maluku yang jatuh sakit setelah pulang dari Malaysia.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X