KPK Apresiasi Implementasi Pendidikan Antikorupsi di Purwakarta

- 12 Februari 2020, 15:09 WIB
LOGO Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta berencana menggelar Festival Film Pendidikan Antikorupsi tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Langkah tersebut mendapatkan perhatian dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kegiatan tersebut termasuk dalam program akselerasi pendidikan antikorupsi di sekolah dari dinas terkait.

"Di Purwakarta telah dikeluarkan Peraturan Bupati tentang hal tersebut dan telah ditindaklanjuti melalui sosialisasi, deklarasi dan pelatihan untuk pelatih," kata Kepala Disdik Purwakarta, Purwanto, Senin 10 Februari 2020.

Baca Juga: Dampak Virus Corona, Harga Masker N95 Jadi Lebih Mahal dari Emas

Purwanto menjelaskan implementasi rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi dalam diskusi yang dihadiri perwakilan KPK di Aula Rapim Bale Guru Linuhung akhir pekan lalu. Tujuan utama pendidikan antikorupsi menurutnya adalah mencegah tindakan korupsi di kalangan generasi muda.

Untuk menarik minat generasi muda, Disdik memilih untuk menggelar sejumlah kegiatan kreatif. Salah satunya adalah festival film pendek pada Februari-April 2020 dengan tema "Menyelamatkan Generasi Dari Korupsi".

Purwanto menyebutkan kegiatan lainnya seperti kompetisi menulis esai hingga komik.

Baca Juga: Harga Masker Tembus Rp 1,2 Juta per Boks, Dinkes Cilacap Kesulitan Kirim Bantuan untuk Pekerja Migran di Hong Kong

"Pembelajaran anti korupsi akan di lakukan melalui pendekatan kelas, budaya sekolah dan lingkungan masyarakat," ujarnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X