BKN Blokir NIK Pelamar CPNS Jika Terbukti Gunakan Joki

- 12 Februari 2020, 12:37 WIB
BKN akan melakukan pemblokiran Nomer Induk Kependudukan (NIK) bagi peserta yang terbukti menggunakan joki.* /Dok. Setkab

PIKIRAN RAKYAT - Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melakukan pemblokiran Nomer Induk Kependudukan (NIK) bagi peserta yang terbukti menggunakan joki.

Pemblokiran ini akan dilakukan bagi peserta yang menggunakan joki saat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada seleksi CPNS formasi 2019.

“Langkah pemblokiran tersebut akan diteruskan kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) melalui ketentuan tertulis,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono.

Baca Juga: 3 Bahan Alami untuk Mengobati Kebotakan pada Pria

Hal ini dilakukan untuk mencegah kasus yang sama terulang dan kasus penjokian mengandung unsur pidana dalam tindakan pemalsuan.

loading...

Pemalsuan ini sesuai dengan Pasal 55 dan Pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana 6 (enam) tahun penjara.

“Penyikapan atas kasus perjokian ini juga dilakukan untuk menjaga sportivitas dan fairness dalam pelaksanaan SKD,” tambah Paryono.

Baca Juga: Utamakan Rasa Aman Masyarakat, Mahfud MD: Tidak Ada Rencana Memulangkan Teroris

Peserta SKD yang terbukti melakukan hal tersebut juga dapat dipidana dan kesempatan untuk kembali mendaftar sebagai pelamar CPNS akan ditutup.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X