Minggu, 7 Juni 2020

Soal Pemulangan WNI Eks ISIS, Jazuli Juwaini: Mereka Pernah Robek Paspor Indonesia hingga Nyatakan Musuh

- 11 Februari 2020, 11:30 WIB
SEBUAH kawasan penampungan pengungsi eks ISIS, di Suriah. * /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menyatakan pandangan resmi Fraksi PKS terhadap polemik pemulangan WNI yang pernah menjadi anggota dan simpatisan ISIS.

Hal ini sekaligus untuk meluruskan atau mengklarifikasi pernyataan Anggota Fraksi PKS Mardani Alisera yang dikutip media yang bisa disalahpahami setuju dan mendukung pemulangan tersebut.

Menurut Jazuli, permasalahan dan implikasi WNI yang sempat bergabung dengan ISIS tidak sesederhana persoalan setuju atau tidak setuju.

Baca Juga: Lelaki 37 Tahun Terbakar setelah Mengoleskan Alkohol di Tubuhnya untuk Hindari Virus Corona

Fraksi PKS, kata Jazuli Juwaini, secara tegas menyatakan, terkait pemulangan eks anggota dan simpatisan ISIS harus hati-hati dan waspada.

“Persoalan ini tidak sederhana karena menyangkut orang-orang yang sejak awal memilih keluar dari Indonesia untuk mengikuti paham gerakan bahkan menjadi kombatan ISIS yang jelas-jelas bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945,” kata Jazuli kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa 11 Februari 2020.

Baca Juga: Film Parasite Raih 4 Penghargaan Oscar 2020, Presiden Korea Selatan Turut Banjiri Ucapan Selamat

Bahkan sebagian mereka secara demonstratif merobek paspor Indonesia hingga menyatakan perang atau permusuhan kepada Indonesia.

Permasalahan ini, kata Jazuli, perlu dikaji secara hati-hati, cermat, dan terukur.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X