Jokowi Sampaikan Kesolidan Berbangsa di Dunia: Seperti Brexit yang Jauh Sekali, Kita Kena Imbasnya

- 9 Februari 2020, 19:59 WIB
PRESIDEN Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menganggap munculnya virus corona sebagai peluang Indonesia untuk ekspor komoditas ke negara lain menggantikan Tiongkok /Setkab.go.id

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pentingnya menjaga kesolidan bangsa dengan merajut ukhuwah di negara besar seperti Indonesia.

Hal itu disampaikannya ketika ia menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Bulan Bintang (PBB) yang digelar di Hotel Aston Kartika Grogol, Jakarta, pada Kamis, 6 Februari 2020.

"Kesolidan sebuah bangsa, persatuan sebuah bangsa itu sangat sangat penting. Merajut ukhuwah, baik itu ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah basyariyah penting dalam kita membangun sebuah persatuan di negara besar seperti negara kita," ucap Jokowi, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi DPR RI.

Baca Juga: Usai Dokter yang Peringatkan Soal Virus Corona Meninggal, 10 Profesor Wuhan Tuntut Kebebasan Berbicara ke Pemerintah Tiongkok

Menurut Jokowi, di dalam dunia yang semakin terglobalisasi, dunia yang saling terkoneksi dan terinteraksi, ukhuwah menjadi semakin penting dan utama.

Hal itu dikatakannya sebagaimana ia menilai sebagaimana Indonesia merupakan negara besar Indonesia memiliki 714 suku yang berbeda-beda, lebih dari 1.100 bahasa daerah yang beragam, juga agama yang berbeda-beda.

"Ada Brexit di Inggris, padahal jauh sekali, kita juga kena imbasnya. Solusi pun juga harus dilakukan sekarang antarnegara tidak hanya satu negara, tidak bisa. Oleh karena itu, persaudaraan antarbangsa itu maha penting.

Baca Juga: Barisan Kiper Persib Bandung Harus Benci Kebobolan, Pelatih: Saya Punya Gaya Sendiri

"Apalagi persaudaraan antar anakbangsa, saudara sebangsa dan setanah air itu sangat penting," jelasnya.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: DPR RI


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X