Minggu, 7 Juni 2020

Abaikan Polisi Saat Demo RUU KPK, Lutfi Pembawa Bendera Divonis Hukuman 4 Bulan Langsung Bebas

- 30 Januari 2020, 21:51 WIB
LUTFI Alfiandi si Pembawa Bendera dijatuhi hukuman 4 bulan langsung bebas. /PMNJ News

PIKIRAN RAKYAT - Lutfi Alfiandi, pemuda pembawa bendera terlibat aksi demo SMK pada September 2019 lalu untuk menolak RUU KPK di komplek DPR/MPR RI, Jakarta.

Lutfi pun akhirnya harus berurusan dengan pihak kepolisian dan menjalani proses persidangan atas dugaan keterlibatan dirinya sebagai perusuh dalam aksi demo pada September 2019 lalu.

Dalam kasus ini, Lutfi didakwa dengan tiga dakwaan, yakni pasal 212 jo 214 KUHP, 170 KUHP, dan 218 KUHP.

Baca Juga: Suhu Tubuh Tak Normal, Jemaah Umrah yang Baru Mendarat di Bandara Kertajati Sempat Dikira Kena Virus Corona

Dalam artikel terbitan PMJ News yang dikutip Pikiran-Rakyat.com, lewat sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Kamis 30 Januari 2020, Majelis Hakim menjatuhkan vonis 4 bulan penjara kepada Dede Lutfi Alfiandi.

Lutfi dinyatakan bersalah karena mengabaikan arahan petugas keamanan. Namun Lutfi tetap dipastikan langsung bebas hari ini lantaran dikurangi masa penahan empat bulan yang telah dijalani terdakwa.

"(Majelis hakim) menjatuhkan pidana selama empat bulan, dikurangi masa penahanan yang telah dijalani terdakwa, dikurangkan seluruhnya dari pidana," kata Hakim Ketua Bintang AL di PN Jakpus, Jalan Bungur Raya, Kamis 30 Januari 2020.

Kata dia, putusan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan dan barang bukti bahwa Lutfi terbukti melakukan tindak pidana.

Baca Juga: Jokowi Intruksikan Evakuasi WNI di Wuhan, Evakuasi Menggunakan Maskapai Lion Air

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: PMJ News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X