Selasa, 25 Februari 2020

Diduga dari Sup Kelelawar, Pakar Patologi IPB: Selain Corona, Ada 6 Virus Lain dalam Tubuhnya

- 29 Januari 2020, 12:57 WIB
BEREDAR spekulasi bahwa penyakit Virus Corona yang saat ini sedang menyebar di seluruh dunia diakibatkan oleh makanan sup kelelawar yang banyak dikonsumi di Pasar Wuhan, Tiongkok /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Virus corona sedang menjadi momok di dunia seusai menewaskan ratusan warga di Wuhan, Tiongkok.

Spekulasi maupun dugaan bermunculan mengenai penyebab asal virus tersebut. Salah satunya berasal dari sup kelelawar, sebuah makanan popular di Wuhan, Tiongkok.

Ahli Patologi Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor Prof Drh Agus Setiyono MS, PhD, APVet saat dijumpai Pikiran-Rakyat.com, Rabu,29 Januari 2020 menuturkan, IPB pernah mendalami riset tentang kelelawar buah hasil kerja sama dengan Research Center for Zoonosis Control (RCZC), Hokkaido University, Jepang.

Baca Juga: Naikan Harga Masker di Tengah Penyebaran Virus Corona, Apotek di Tiongkok Didenda Rp5,89 Miliar

Dalam penelitian tersebut ditemukan enam jenis virus baru pada kelelawar buah dengan daerah sampel yaitu Bukittinggi, Bogor, Panjalu (Ciamis), Gorontalo, Manado, dan Soppeng (Sulawesi Selatan).

Virus tersebut adalah coronavirus, bufavirus, polyomavirus, alphaherpesvirus, paramyxovirus dan gammaherpesvirus.

"Semua virus itu berbahaya, tidak hanya Corona. Temuan itu Kita dapatkan dalam feses kelelawar, mungkin kalau penelitiannya lebih lama kita bisa menemukan banyak virus baru," kata Agus.

Baca Juga: 50 Tentara AS Alami Cedera Otak Traumatis akibat Serangan Rudal Iran, Dephan: Ganggu Fungsi Otak hingga Koma dan Kematian

Menurut Agus, mengkonsumsi kelelawar buah memang dapat berisiko terpapar virus corona bila preparasi kelelawar menjadi bahan makanan dilakukan secara kurang tepat.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X