Sabtu, 4 April 2020

Menyusul Dirjen Imigrasi Dicopot, ICW Desak Jokowi Copot juga Yasonna Laoly

- 29 Januari 2020, 07:35 WIB
MENTERI Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.* /ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak agar Presiden Joko Widodo mencopot Yasonna Laoly dari jabatannya sebagai Menteri Hukum dan HAM.

Di sisi lain, Komisi Pemberantasan Korupsi enggan mengomentari pencopotan Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ronny Sompie.

Ronny diberhentikan dari posisinya sebagai Dirjen Imigrasi ditengah polemik keberadaan Harun Masiku, kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang terseret dalam dugaan suap proses penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024. 

Baca Juga: Rentan Terpapar Coronavirus, Perawat Harus Memproteksi Diri

ICW pun turut bersuara atas pencopotan Ronny tersebut. Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, Presiden Jokowi seharusnya mengambil langkah tegas dengan mencopot Yasonna sebegai otoritas tertinggi di Kemenkumham. 

"Lebih baik Yasonna Laoly juga dicopot oleh Presiden Jokowi. Faktanya dia telah berkata tidak sesuai dengan fakta terkait keberadaan Harun Masiku, jadi harusnya Yasonna ikut bertanggungjawab atas situasi hari ini. Efek kekeliruan data tersebut amat krusial, kerja penegak hukum jadi terganggu karena mempercayai begitu saja pernyataan Yasonna," kata Kurnia, Selasa, 28 Januari 2020.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri enggan mengomentari soal pencopotan Ronny. Dia pun tak ingin sesumbar mengaitkan pencopotan tersebut dengan kasus Harun.

Baca Juga: Lokasi SIM Keliling Wilayah Bandung Raya Hari Ini, 29 Januari 2020

"Kami fokus dulu ke penyelesaian perkara ya. Kami tidak tahu apa keterkaitannya, tetapi itu kan urusan Kemenkumham, jadi kami tidak masuk ke sana," tutur dia. ***

loading...

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X