Amankan Garis Pantai Indonesia, PUPR Kembangkan Teknologi Baru Blok Beton 3B

- 27 Januari 2020, 09:08 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama dengan PM Hongaria.* /Dok. Kementerian PUPR

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia mencapai 99.093 kilometer.

Salah satu cara untuk mengatasi abrasi adalah dengan menanam mangrove dan pemasangan infrastruktur pelindung pantai.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Kementerian PUPR melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menciptakan teknologi Blok Beton Berkait, Berongga dan Bertangga (3B).

Baca Juga: Kobe Bryant Meninggal dalam Kecelakaan, Erick Thohir: Saya Sempat Berniat Mengundangnya ke Indonesia

Menurut Basuki, pembangunan infrastruktur di Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan pembangunan konstruksi dengan cara biasa. Namun butuh penerapan teknologi agar percepatan pembangunan bisa dicapai.

Teknologi blok beton 3B ini untuk mengamankan garis pantai Indonesia. Sebab, garis pantai tersebut berpotensi rusak karena abrasi.

“Kini riset dan teknologi menjadi salah satu dari 5 pilar terobosan Kementerian PUPR dalam percepatan pembangunan infrastruktur di tanah air,” kata Basuki, Minggu 26 Januari 2020.

Baca Juga: Digadang-gadang Jadi Wagub DKI, Riza Patria: Tak Lakukan Lobi-lobi Khusus, Ini Era Digital

Blok Beton 3B dikembangkan oleh Pusat Litbang Sumber Daya Air (Pusair) sebagai solusi mencegah longsor dan pergeseran garis pantai akibat erosi gelombang air laut.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X