Sabtu, 22 Februari 2020

Virus Corona Diduga Masuk Indonesia, DPR RI: Kemenkes Miliki Pengalaman Hadapi Epidemi, Masyarakat Jangan Panik

- 27 Januari 2020, 07:34 WIB
PENUMPANG berjalan di area pemindaian suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu 26 Januari 2020. Pemprov Bali bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar dan otoritas bandara melakukan deteksi dini wisatawan menggunakan alat pemindai suhu tubuh serta meminta wisatawan bersedia melalui pemeriksaan kesehatan di bandara apabila diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru.* /FIKRI YUSUF/ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Netty Heryawan meminta masyarakat Indonesia tetap tenang menghadapi isu merebaknya virus corona.

Seperti diketahui, fenomena pneumonia yang disebabkan virus corona ini berawal di wilayah Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Kabarnya virus ini telah mengakibatkan 17 orang meninggal dan 444 orang terinfeksi.

“Sebagaimana kasus wabah penyakit yang disebabkan virus sebelumnya seperti SARS dan H5N1 atau Flu Burung, kasus virus corona ini ditemukan di kawasan lain seperti Jepang, Korea Selatan, dan Thailand sehingga harus segera diantisipasi, agar tidak menyebar ke Indonesia,” kata Netty kepada “PR”, Minggu 26 Januari 2020.

Baca Juga: Kerajaan Kandangwesi di Garut Dipastikan Tak Ada, Bakesbangpol: Gelar Raja Hanyalah Penghormatan Budaya

Melihat fenomena ini, legislator asal Jawa Barat ini pun mendorong pengawasan bidang Kesehatan. Dia menyambut baik langkah Pemerintah yang berupaya membangun kewaspadaan dini dan kesiapsiagaan sebagai upaya pencegahan.

Kemenkes mempunyai pengalaman menangani epidemi sebelumnya seperti SARS atau flu burung beberapa waktu silam.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan khususnya Dirjen Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit menanyakan langkah yang disiapkan pemerintah serta Rencana Tindak Lanjut (RTL) terkait kejadian virus corona ini,” kata Netty.

Baca Juga: Virus Corona Diduga Masuk Bandung, RSUD Al Ihsan Buka Posko Khusus Mulai Hari Ini

Ketika ditanya langkah apa saja yang sudah disiapkan pemerintah, Netty menjelaskan, berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan, mereka sudah menetapkan penatalaksanaan melalui penyiapan laboratorium, tenaga medis, ruang isolasi, obat-obatan, dan fasilitas kesehatan untuk penanganan kasus virus corona.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X