Kamis, 4 Juni 2020

Khawatir Wabah Virus Corona Menyebar, Travel Warning ke Wuhan Tiongkok Sangat Diperlukan

- 26 Januari 2020, 19:17 WIB
ANTISIPASI Virus Corona.* /DOK. DPR RI

PIKIRAN RAKYAT - Anggota Komisi I DPR RI Willy Aditya menilai perlunya peringatan atau travel warning bagi warga negara Indonesia yang hendak ke Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok.

Hal ini menyusul gejala virus corona yang mewabah daerah tersebut. Meski demikian, politisi NasDem ini menyebut peringatan belum diperlukan untuk daerah lain di luar Wuhan.

"Kalau ke Wuhan langsung, perlu. Tapi untuk daerah lainnya tidak perlu," kata Willy kepada wartawan, Minggu 26 Januari 2020.

Baca Juga: Dunia Waspadai Virus Corona, Komisi IX DPR: Masyarakat Jangan Panik

Kendati demikian, menurut Willy, pemerintah hendaknya tetap memberikan arahan atau imbauan kepada WNI yang hendak bertolak ke kota selain Wuhan di Tiongkok agar terap menjaga kondisi kebugaran tubuh.

“Jadi untuk Wuhan, saya kira travel warning perlu. Sementara untuk Beijing atau Shanghai, itu jauh jaraknya dari Wuhan, demikian juga Hong Kong," ucap dia.

Willy pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Dia yakin bahwa pemerintah RRT telah mengambil langkah-langkah antisipasi penyebaran virus corona ke kota selain Wuhan.

Baca Juga: Waspadai Virus Corona, RSUD Kota Bekasi Sudah Siapkan Ruangan Khusus

"Pemerintah setempat juga pasti sudah melakukan tindakan khusus, terkait merebaknya virus itu di sana,” ucap dia.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X