Soal Virus Corona, PDPI: Kematian Bukan Hanya Disebabkan Virus, Bisa Jadi Ada Penyakit Lain

- 24 Januari 2020, 14:58 WIB
TIM Medis di Amerika Serikat mengevakuasi pasien pertama yang terjangkut virus corona.* /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Penyebaran virus Corona yang berasal dari wilayah Tiongkok memang tengah diwaspadai termasuk di Indonesia.

Meski belum ada tanda-tanda penyeberan virus tersebut, namun beragam antisipasi seperti pemeriksaan ketat di bandara mulai dilakukan.

Mengenai virus Corona ini, Pakar paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan mengatakan penanganan pasien terinfeksi virus corona dilakukan sesuai dengan kondisi klinis masing-masing sehingga akan berbeda antara satu dengan lainnya.

Baca Juga: Akibat Cedera, Madonna Batalkan Konser di Portugal

"Sebab, hingga saat ini virus corona itu belum ada obat ataupun vaksinnya sehingga kita mengobati pasien secara simtomatis," kata dia saat memberikan penjelasan terkait virus corona di Sekretariat PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Jakarta, Jumat 24 Januari 2020 dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Untuk penanganan yang dilakukan secara sistematis, penanganan virus corona tidak bisa diseragamkan antara 1 pasien dengan pasien yang lainnya.

loading...

Gejala-gejala yang umumnya timbul antara lain adalah sakit kepala, demam dan sebagainya. Kematian yang timbul akibat virus Corona ini ditegaskan oleh Erlina tidak terkait langsung dengan virus itu sendiri.

Baca Juga: Indonesia dan Hongaria Selesaikan 36 Proyek Pengadaan Air Bersih di 12 Provinsi

Menurut dia pasien justru meninggal lantaran memiliki penyakit lain yang sudah diderita sebelumnya seperti diabetes, gagal ginjal serta penyakit usia tua.

"Ini berarti pasien merupakan kelompok-kelompok yang memiliki imunitas rendah," kata dia.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X