Rabu, 26 Februari 2020

Anggota DPR: Puluhan Kontainer Sampah yang Diimpor Indonesia Harus Dikembalikan ke Negara Asalnya

- 24 Januari 2020, 11:47 WIB
Sidak impor sampah.* /ECEP SUKIRMAN

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 70 kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta yang diduga berasal dari Amerika Serikat, Inggris, dan Australia, berisi sampah. Hal itu terungkap saat anggota DPR RI melakukan inspeksi mendadak ke pelabuhan tersebut, Kamis 23 Januari 2020.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengatakan, semua kontainer berisi sampah itu diimpor PT Harvestindo Internasional. Dengan temuan tersebut, pihaknya mendesak agar kontainer-kontainer berisi sampah impor ini segera dikembalikan ke negara asalnya.

Masih dikatakan Dedi, jumlah ini dinilai cukup besar, apalagi hasil temuan lapangan menunjukkan akan ada 1.015 kontainer sampah impor lagi yang bakal merapat di Pelabuhan Tanjungpriok. Menurut Dedi, yang turut mengikuti sidak, impor sampah merupakan pelanggaran berat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pikiran Rakyat (@pikiranrakyat) on

 

"Kami menuntut pemerintah untuk segera mengembalikan sampah impor itu ke negara asalnya," kata Dedi Mulyadi saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Dalam kesempatan itu, Komisi IV DPR RI sempat mendatangi kantor PT Sucofindo untuk menanyakan mengapa sampah impor bisa lolos ke Indonesia. Pihak PT Sucofindo, kata Dedi, sempat memberikan penjelasan yang berbelit-belit sebelum akhirnya mengakui bahwa barang dalam kontainer itu adalah sampah.

"Dalam Permendag yang boleh diimpor itu barang bersih, seperti plastik dan sejenisnya, bukan sampah," kata Dedi.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Dua Daerah Super Prioritas Kopi, Kabupaten Bandung Salah Satunya

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X