Senin, 30 Maret 2020

Bergegas Sambut Piala Dunia U20, Indonesia Sudah Siapkan 10 Stadion

- 18 Januari 2020, 14:16 WIB
PRESIDEN Joko Widodo. Presiden memberi empat arahan untuk penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20 2021.* /DOK SETNEG

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 10 stadion direncanakan akan digunakan untuk Piala Dunia U20. Presiden Joko Widodo menginstruksikan dalam rapat terbatas supaya kesepuluh stadion itu betul-betul dipersiapkan.

Jokowi mengatakan, telah menerima laporan bahwa ada 10 stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U20. Sebanyak 6 stadion di antaranya stadion utama dan sisanya stadion cadangan.

“Saya minta betul-betul ini dicek ke lapangan. Harus betul-betul representatif untuk pertandingan kelas dunia, dimulai dari lingkungan, lapangannya, tempat duduknya, ruang gantinya, toiletnya, sampai ruang media persnya yang betul-betul representatif,” kata dia saat membuka ratas.

Baca Juga: Mukesh Ambani Orang Terkaya di Asia Kuasai Pasar Telekomunikasi India

Jokowi mengatakan, perlu dilihat secara detail ketersambungan antara stadion dengan sarana transportasi dan akomodasi peserta kompetisi Piala Dunia U20. Jangan sampai pertandingan terlambat gara-gara persoalan konektivitas.

“Oleh sebab itu sarana dan prasarana akomodasi juga harus memiliki pelayanan yang kelas dunia,” katanya.

Ia menambahkan, Piala Dunia FIFA U20 perlu dimanfaatkan untuk promosi Indonesia kepada dunia. Piala Dunia FIFA U20 dikatakannya akan jadi pusat perhatian dunia karena event ini akan diikuti oleh 24 negara dari 5 benua.

Baca Juga: Lebih Banyak Titik Api, Dampak Kebakaran Lahan Justru Minim Pada 2019

“Ini momen penting untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa besar dan negara maju yang mampu melaksanakan event internasional dengan sangat baik,” katanya.

Jokowi kemudian meminta pengalaman dan kesuksesan Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Games, Asian para Games 2018 dapat dijadikan acuan untuk persiapan Piala Dunia U20.

“Dijadikan standar dalam penyelenggaraan Piala Dunia Fifa U20 tahun 2021,” tuturnya.

loading...

Baca Juga: 6 Cara untuk Menghilangkan Rasa Takut untuk Jatuh Cinta

Seusai ratas penyiapan Piala Dunia U20, Jokowi juga mengadakan ratas mengenai persiapan PON 2020 di Papua. Menurut Jokowi, PON 2020 waktunya tinggal 276 hari. Ia mengaku sudah menerima laporan KONI yang memutuskan untuk mengurangi 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Cabor dikatakannya menjadi 37 cabang olahraga dengan 678 nomor pertandingan. Selain itu lokasi pertandingan juga dipusatkan di 4 daerah, yaitu di Kota jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

“Pada rapat ini saya minta laporan dari kementerian dan kepala lembaga termasuk wagub papua mengenai progres penyiapan infrastruktur yang sudah ada di lapangan,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X