Mengaku Bisa Gandakan Rp 5 Juta Jadi Rp 5 Miliar, Buruh Tani Diciduk Polisi

- 17 Januari 2020, 19:14 WIB
ILUSTRASI uang. Seorang buruh tani di Kulon Progo, Yogyakarta, ditangkap polisi karena penipuan bermodus penggandaan uang.** /

PIKIRAN RAKYAT - Berbekal sebuah patung kuningan dan selembar kain hijau bermotif batik, seorang buruh tani di Kulon Progo, Yogyakarta, berinisial S (47) mengaku bisa menggandakan uang hingga berkali-kali lipat banyaknya. Akibatnya pria asal Kabupaten Bantul ini harus berurusan dengan Kepolisian Sektor Panjatan, Kabupaten Kulon Progo.

Kapolres Kulon Progo, AKBP Tartono saat menggelar konferensi pers di Mapolres Kulon Progo, Jumat 17 Januari 2019 menyampaikan bahwa pria ini diamankan lantaran melakukan aksi penipuan dengan modus dapat menggandakan uang. Korbannya ialah Daruwono Prihadi (57), warga Berbah, Sleman.

"Dia dijanjikan uang Rp 5 juta yang diberikan kepada pelaku dapat berlipat menjadi Rp 5 miliar. Pelaku pun berjanji akan memberikan uang hasil lipat ganda dalam waktu dua hari," ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pindah Ibu Kota Sekaligus Perbaiki Hutan

Aksi penipuan yang dilakukan Sarjimin ini berlokasi di sebuah rumah di Desa Kanoman, Kapanewon Panjatan. "Tepatnya penipuan ini dilaksanakan di kediaman rekan pelaku. Di rumah itu, pelaku melakukan demonstrasi penggandaan uang berbekal uang senilai Rp 500 ribu," tuturnya.

Tartono menjelaskan bahwa dalam demonstrasi ini pelaku meminta uang senilai Rp 100 ribu kepada korban sebagai bukti bila dirinya bisa menggandakan uang.

"Kemudian pelaku menggunakan patung kecil untuk menggosok uang Rp 100 ribu tersebut dan merapal mantra untuk membuat korban semakin yakin," ucapnya. Pelaku pun menyelipkan uang tambahan menjadi Rp 500 ribu sehingga korban percaya.***

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X