Rabu, 26 Februari 2020

Siswa SMP di Jakarta Meninggal Dunia Setelah Percobaan Bunuh Diri, Jangan Remehkan Masalah Remaja

- 17 Januari 2020, 17:18 WIB
ILUSTRASI Tempat Kejadian Perkara.* /SHUTTERSTOCK

PIKIRAN RAKYAT - Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI menyampaikan keprihatinan sekaligus duka mendalam atas meninggalnya SN (14) siswa SMPN di Jakarta Timur.

KPAI menduga, SN bunuh diri dengan melompat dari lantai 3 sekolahnya.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan keikhlasan menghadapi musibah ini,” ujar Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti, di Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Baca Juga: Klaim AS dan Inggris Bakal Runtuh 2020, Sunda Empire Minta Negeri Paman Sam Perpanjang Izin Negara ke Bandung

Baca Juga: Sunda Empire Klaim Bertahan Hingga Hari Kiamat dan Lebih Adidaya dari AS

Ia menuturkan, menghadapi anak-anak yang baru memasuki masa pubertas tidaklah mudah. Oleh karena itu, KPAI mendorong orang dewasa di sekitar anak, baik orangtua maupun guru untuk memiliki kepekaaan. Dengan demikian, diharapkan mampu mencegah anak-anak bunuh diri.

“Alasan remaja melakukan percobaan bunuh diri bisa begitu rumit yang sekaligus di sisi lain mungkin bukan suatu hal yang dianggap berat bagi orang dewasa pada umumnya. Oleh karena itu, jangan langsung menghakimi remaja yang sedang dirundung masalah,” kata Retno

Ia menuturkan, yang harus dilakukan orang dewasa di sekitar anak adalah memiliki sensitivitas dan kenali tanda-tanda remaja berniat melakukan bunuh diri. Hal tersebut dapat menjadi langkah pencegahan yang efektif.

Baca Juga: TNI AU Uji Coba Bom Air Pemadam Kebakaran Lahan Gambut, Efektif Jangkau Api di Bawah Permukaan

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X