Tanpa Sebab yang Jelas, Kabut Asap Tiba-tiba Selimuti Batam

- 16 Januari 2020, 14:52 WIB
LANGIT Batam yang biasa berwarna biru, nampak putih pada Kamis 16 Januari 2020 akibat tertutup kabut asap. Belum diketahui sumber kabut asap tersebut.* /Naim/ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Kabut asap kembali menyelimuti sejumlah daerah di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis, 16 Januari 2020. Belum diketahui sumber asap yang menyelimuti kota ini.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan Kepala Seksi Data dan Informasi (Kasi Datin) Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam, Suratman, kadar Indeks Standar Pencemaran Udara di kota itu mencapai 77 untuk parameter 03. Kadar itu mencapai level sedang. Padahal hari biasa Batam ISPU Batam level sehat.

Prakirawan BMKG pun belum bisa memastikan sumber kabut asap di Batam. Pasalnya, berdasarkan pantauan mereka, tidak ada hotspot atau titik panas yang mengindikasikan adanya api di wilayah Kepri.

Baca Juga: Reformasi Industri Asuransi, OJK: Butuh Dua Tahun

Sementara itu, warga kota, Lisa mengeluhkan kabut asap yang dirasakannya sejak Kamis pagi. "Iya, ini kabut mulai tebal lagi, kenapa ya," tanya dia, dilansir Antara.

Langit Batam yang biasa berwarna biru cerah hari ini nampak putih. "Meski jarak pandang masih bagus, tapi mulai terasa berkurangnya," kata dia.

Hal senada dikatakan warga Batam Kota, Herry yang mengeluhkan kabut asap yang mulai menebal. "Mudah-mudahan pemerintah bisa segera menanganinya, biar tidak menjadi pemicu penyakit," ujar dia.

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X