Kamis, 2 April 2020

Siapkan Dana Tak Terbatas, Stok Logistik untuk Bencana di Yogyakarta Digaransi Aman Selama Masa Rawan

- 14 Januari 2020, 17:54 WIB
ILUSTRASI bencana alam. Yogyakarta menyiapkan dana tak terbatas dan menggaransi logistik tersedia selama masa rawan bencana.* /JAYA KUSUMA/ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan persediaan logistik aman selama menghadapi musim hujan yang dikhawatirkan berdampak pada terjadinya bencana alam banjir dan longsor.

"Intinya urusan logistik yang mungkin dibutuhkan untuk siaga bencana selama musim hujan ini kami dalam kondisi siap," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY, Untung Sukaryadi di Yogyakarta, Selasa 14 Januari 2020.

Untung mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan secara berkala persediaan logistik di gudang milik Dinsos. Logistik itu meliputi makanan siap saji, makanan anak, pakaian, selimut serta kebutuhan primer lainnya.

Baca Juga: Baru Kerja Sehari di Rest Area Tol Purbaleunyi, Remaja 14 Tahun Dinodai Majikan

Menurut Untung, seluruh kebutuhan tersebut dialokasikan melalui dana tanggap darurat yang besarannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan saat terjadi bencana. "Untuk besaran dananya, tentu tak terbatas. Sesuai kebutuhan yang diminta kami usahakan siap," ucapnya.

loading...

Selain logistik, menurut dia, Dinsos DIY juga telah menyiagakan 1.050 Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang tersebar di lima kabupaten/kota. Masing-masing kelurahan, kata dia, akan ditempatkan dua Tagana.

"Sedangkan untuk desa yang memiliki tingkat kerawanan bencana tinggi, kami tempatkan tiga sampai empat tagana yang akan memberikan pelatihan kesiapsiagaan kepada masyarakat setempat," tuturnya.

Baca Juga: Kedai Kopi Menjamur di Cimahi, Pemkot Langsung Incar Perolehan Pajak

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyatakan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai memasuki musim hujan kendati masih sporadis atau belum merata.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X