Selasa, 31 Maret 2020

Menristek Dorong IPB Tingkatkan Riset yang Mudah Dihilirisasi ke Sektor Industri

- 12 Januari 2020, 14:46 WIB
LOGO Institut Pertanian Bogor (IPB).*/DOK PR /

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mendorong Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan riset yang dapat dihilirisasi ke sektor industri pertanian dan perikanan. Bambang menilai, IPB memiliki banyak keunggulan di sektor tersebut.

"Riset dan inovasi yang dihasilkan IPB sudah berlangsung cukup lama. Kami dukung melalui pendanaan atau hibah agar IPB bisa menggaet industri untuk mulai menghilirkan hasil-hasil dari riset terapan,” kata Bambang dalam siaran pers di Jakarta, Minggu 12 Januari 2020.

Ia menuturkan, peneliti di ITB harus mampu berkolaborasi dengan pelaku industri. Dengan demikian, akan mampu mengembangkan berbagai cabang keilmuan sesuai dengan eksplorasi yang dikembangkan industri.

Baca Juga: Polemik GBLA Terus Berlanjut, Pemkot Bandung Didesak Transparan Lantaran Ada Uang Bobotoh

Ia berharap, IPB meningkatkan keunggulan dalam bidang pertanian dengan meningkatkan produk riset. Menurut dia, semakin bisa mengembangkan riset dasar, IPB berpeluang besar meningkatkan hilirisasi hasil riset ke industri.

loading...

Ia menilai, IPB sudah memberikan banyak kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara. Khususnya di sektor pertanian yang memang menjadi keunggulan IPB. IPB juga melakukan pengembangan dari sektor agroindustri yang saat ini menjadi andalan bagi perekonomian Indonesia.

"Oleh karena itu, tentunya dengan memanfaatkan teknologi yang mutakhir dan temuan terkini dalam konteks revolusi industri 4.0. Kami harapkan sivitas akademika IPB khususnya para dosen, peneliti dan juga mahasiswa bisa terus mengembangkan sektor pertanian di Indonesia. Sehingga memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekaligus mempunyai produktifitas yang tinggi bagi perekonomian nasional,” katanya.***


Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X