Rabu, 19 Februari 2020

Tentukan Status Wahyu Setiawan yang Kena OTT KPK, KPU Gelar Rapat Pleno

- 10 Januari 2020, 13:45 WIB
KOMISIONER KPU, Wahyu Setiawan mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat 10 Januari 2020 dini hari. Terkait OTT yang dilakukan KPK terhadap Wahyu, KPU menggelar rapat pleno.* /Dhemas Reviyanto/Antara Foto

PIKIRAN RAKYAT - Komisi Pemilihan Umum RI menggelar rapat pleno pada Jumat pagi, 10 Januari 2020, untuk membahas status Komisioner Wahyu Setiawan yang terjerat operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

"Jadi (menggelar rapat pleno), ini sedang (berlangsung)," kata Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari, di Jakarta, Jumat.

Komisioner KPU lainnya, Viryan Azis Rapat menambahkan bahwa rapat dihadiri seluruh komisioner selain Wahyu. Pembahasan yang dilakukan adalah menyangkut hasil pemeriksaan 1 kali 24 jam KPK serta sikap yang diambil Wahyu yang menyebutkan mengundurkan diri dari jabatannya.

"Jadi melingkupi bagaimana tentang Pak Wahyu pasca mengundurkan diri," kata dia kepada Antara.

Baca Juga: Baru Keluar Gedung KPK pada Dini Hari, Komisioner KPU Wahyu Setiawan Langsung Minta Maaf pada Sejumlah Pihak

Selain itu, komisioner juga akan membahas tentang tindak lanjut hubungan kelembagaan seperti dengan DKPP dan pemerintah. "Ketiga adalah upaya untuk meningkatkan integritas kelembagaan secara sistemik dan personal," ujarnya.

Rapat pleno tersebut digelar di Mes Bank Indonesia Imam Bonjol di samping Kantor KPU tempat para komisioner berkantor sementara karena renovasi Kantor KPU.

Seperti diketahui, KPK melakukan operasi tangkap tangan terhadap salah seorang komisioner Komisi Pemilihan Umum RI yaitu Wahyu Setiawan pada Rabu, 8 Januari 2020. KPK total telah mengumumkan empat tersangka terkait kasus suap terkait penetapan anggota DPR RI terpilih 2019-2024.

Baca Juga: Geledah Rumah Pemburu, Petugas Gabungan Temukan Sepasang Bayi Orang Utan

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X