Temuan Arca Ganesha Terbesar Diharap Bisa Menyibak Histori Dataran Dieng Wonosobo

- 7 Januari 2020, 20:37 WIB
PENGANGKATAN arca ganesha, dari sebuah ladang, di Dieng, Wonosobo.* /EVIYANTI/PR

PIKIRAN RAKYAT – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melakukan pengangkatan arca ganesha yang ditemukan Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Temuan arca ganesha diharapkan menjadi pintu gerbang untuk menguak data arkeologis maupun historis mengenai situs kawasan Dieng.

Baca Juga: Polisi Ungkap Alasan Sita Vespa yang Dimodifikasi Jadi Mobil F1 Jadi-jadian di Garut

Baca Juga: Narkoba yang Dipakai Reynhard Sinaga Ternyata Sama Seperti yang Ditemukan dalam Kasus Burning Sun Seungri BIGBANG

Arca  ganesha merupakan temuan arca terbesar di kawasan Dieng sepanjang sejarah.

Arca ganesha  itu ditemukan dengan tinggi 140 sentimeter dan lebar 120 sentimeter, dan kondisi tidak berlengan, juga tanpa kepala.

Sebelumnya, arca Ganesha dari batu andesit itu ditemukan petani saat sedang mencangkul di ladang pada kedalaman 50 sentimeter, akhir Desember 2019.  Saat ditemukan, posisi arca dalam keadaan roboh.

Ketua Unit Candi Dieng BPCB Jateng Eri Budiarto mengakui, arca sudah menempati Musium Dieng, sejak dua hari terakhir dilakukan pengangkatan dari lokasi menuju ke Museum Dieng.

Baca Juga: Sering Memerankan Adegan Berbahaya, Iko Uwais: Setiap Ada Project Pasti Bilang Istri
Pengangkatan dengan menggunakan  peralatan seperti katrol manual,  balok kayu dan papan kayu dan tali. Untuk mengevakuasi arca dibutuhkan waktu sekitar lima jam sejak pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB.

"Dibutuhkan  tingkat kehatian-hatian tinggi karena khawatir akan patah. Pengangkatan melibatkan 30 orang personel, antara lain dari BPCB Prambanan dan Dieng serta dibantu Koramil dan Polsek Kejajar," katanya Selasa, 7 Januari 2020.

Baca Juga: Anggaran Bencana Jawa Barat Idealnya Naik 10-11 Kali Lipat

Temuan arca ganesha ini, kata Eri,  merupakan yang terbesar di Dieng.
Di tempat lain  ukurannya lebih besar, seperti arca ganesha di kawasan Ratu Boko, tepatnya dekat Candi Ijo.

Kemudian arca ganesha di daerah Boyolali, ukurannya lebih besar   lima kali lipat lebih besar dari arca yang baru ditemukan di Dieng ini. 

Sebelumnya  beberapa kali terdapat penemuan arca-arca ganesha kecil di sekitar candi. Tinggi arca rata-rata 80 cm hingga 90 cm.

Saat ini arca ganesha yang kecil-kecil masih disimpan karena belum bisa diidentifikasi bagian candi mana, sementara ini acra kecil di simpan dulu.

Arca ganesha yang unik

Eri menambahkan temuan arca di Dieng cukup unik, karena mengenakan jarik motif bulat-bulat.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X