Jumat, 5 Juni 2020

PKS Coret Ahmad Syaikhu dari Bursa Calon Pendamping Anies Baswedan

- 6 Januari 2020, 19:36 WIB
ANGGOTA DPR RI, Ahmad Syaikhu. PKS memutuskan mencoret Ahmad Syaikhu dari bursa calon wakil gubernur DKI Jakarta..* /DODO RIHANTO/PR

PIKIRAN RAKYAT - Peluang mantan Wakil Wali Kota Bekasi yang kini menjadi anggota DPR RI, Ahmad Syaikhu untuk maju sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta kemungkinan kandas.

Setelah diulur cukup lama setelah ditinggal oleh Sandiaga Uno yang mundur karena mencalonkan diri jadi Cawapres mendampingi Prabowo Subianto, kursi Cawagub DKI memang kosong. Kini nama Syaikhu yang sebelumnya masuk bursa, dibatalkan.

Pembatalan nama Syaikhu dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), partai Syaikhu berasal. Presiden PKS Sohibul Iman menyebut langkah itu diambil karena sampai saat ini tak ada kemajuan dalam pembahasan posisi wakil gubernur di DPRD DKI Jakarta. Di sisi lain Syaihu sendiri sudah berkiprah di legislatif sebagai anggota Komisi V.

"Dia sudah dilantik di DPR. Dia yang kita cabut," ucap Sohibul di kantor DPP PKS, Jakarta, Senin, 6 Januari 2019.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Tetap Naik, Muhadjir Effendy: Kesepakatan Sudah Bulat

Setelah itu, Sohibul menyatakan pihaknya secara resmi membuka peluang bagi pihak eksternal untuk dicalonkan sebagai wakil gubernur DKI Jakarta dari PKS. Sementara Agung Yulianto, kader PKS lainnya yang sebelumnya diajukan bersama Syaikhu tetap dipertahankan PKS sebagai calon mengisi jabatan tersebut.

"Kita melihat realitas politik, dengan dua calon yang diajukan ini tidak bergerak, ada keengganan, maka PKS membaca realitas ini. PKS akan mencoba, mencabut satu calon. Jadi satu dari PKS yang satu dari tempat lain," kata Sohibul.

Sohibul sendiri masih mempertimbangkan sosok yang tepat dari luar partainya untuk menggantikan posisi Ahmad Syaikhu dalam bursa calon wakil gubernur DKI Jakarta.

Baca Juga: Siaga Banjir, Tiap Ketua RW di Jawa Barat Bisa Komunikasi dengan Ridwan Kamil via Aplikasi Khusus

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X