Kamis, 4 Juni 2020

Nadiem Makarim Koordinasi dengan Pemda dan BNPB untuk Data Sekolah Terdampak Banjir

- 5 Januari 2020, 21:25 WIB
MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim perhatikan sekolah yang terdampak banjir.* /INDRIANTO EKO SUWARSO/ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa sampai saat ini Kemendikbud terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) terdampak banjir dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan pendataan sekolah terdampak banjir.

Sementara itu, direktorat teknis terkait telah mengulurkan bantuannya berupa tenda sekolah darurat, perlengkapan sekolah, alat permainan edukatif (APE), laptop untuk pembelajaran, serta buku-buku cerita.

Selain itu, direktorat teknis pun telah menyiapkan bantuan berupa layanan psikososial yang bekerja sama dengan beberapa lembaga.

Baca Juga: Tak Perlu ke Luar Negeri, Cukup dengan Rp 2.000 Bisa Rasakan Wisata 'New Zealand' di Banten

Mendikbud juga meminta Pemda memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam situasi darurat bencana, salah satunya dengan meliburkan kegiatan belajar mengajar.

"Selama sekolah diliburkan, guru dapat memberikan tugas-tugas kepada murid sesuai dengan kondisi di lapangan," ujarnya di Jakarta, pada hari Jumat, 3 Januari 2020.

Diketahui sebelumnya bencana banjir dan longsor di beberapa wilayah sudah terjadi selama empat hari terakhir sejak tanggal 1 hingga 4 Januari 2020.

Baca Juga: 4 Makanan yang Dapat Meningkatkan Imunitas Anak

Beberapa upaya dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, bahkan relawan sudah mengerahkan bantuan semaksimal mungkin untuk membantu korban terdampak. Dikabarkan pula dari BNPB, bahwa pengungsi di beberapa wilayah pun mengalami penurunan dari 173.064 jiwa menjadi 92.261.***

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: BNPB


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X