Selasa, 31 Maret 2020

Usai Patroli di Perairan Natuna, Pangkogabwilhan Yudo Margono: Nelayan Natuna Tidak Usah Resah

- 5 Januari 2020, 11:49 WIB
PANGLIMA Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono (kanan) didampingi Panglima Koarmada 1 Laksda TNI Muhammad Ali (kiri) menghormati KRI Tjiptadi-381 usai upacara Operasi Siaga Tempur Laut Natuna 2020 di Pelabuhan Pangkalan TNI AL Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (3/1/2020). Operasi tersebut digelar untuk melaksanakan pengendalian wilayah laut, khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) laut Natuna Utara. * /ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

PIKIRAN RAKYAT - Permasalahan di laut Tiongkok Selatan tampaknya menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen Twitter.

Baru-baru ini, terjadi bentrokan antara KRI Tjiptadi dan Coast Guard Tiongkok.

Bentrokan terjadi setelah kapal Tiongkok menerobos ZEE Indonesia berkali-kali, yakni pada tanggal 19, 24, dan 30 Desember 2019 lalu.

Baca Juga: Pasca Tiongkok Langgar ZEE Indonesia, TNI Kerahkan Angkatan Darat, Laut dan Udaranya untuk Operasi Pengamanan Natuna

Sebagaimana diberitakan Pikiran-Rakyat.com, Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksmana Madya Bakamla A Taufiq mengatakan, pihaknya akan menambah kekuatan guna menjaga wilayah zona ekonomi eksekutif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna.

loading...

"Dari ibu Menlu tadi kan sudah jelas. Kita akan hadir di sana dan kita akan melakukan klaim kita, (untuk penambahan kekuatan, red) itu rahasia," ujarnya.

Berdasarkan unggahan di laman Facebook resmi Pusat Penerangan TNI, Pangloma Komnado Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksdya TNI Yudo Margono akan mengendalikan operasi siaga tempur terkait dengan adanya pelanggaran ZEE di perairan Natuna.

Baca Juga: Kisruh Kapal Tiongkok di Perairan Natuna, Luhut Binsar Pandjaitan Dikomentari Wakil Ketua MPR RI

Dalam unggahan yang dibagikan pada Jumat, 3 Januari 2019 kemarin, Yudo Margono menyampaikan bahwa operasi siaga tempur ini dilaksanakan oleh Koarmada 1 dan Koopsau 1 dengan alutsista yang sudah digelar.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X