Kamis, 27 Februari 2020

Tahun 2020 Isu Keamanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Melonjak Jutaan Kali Lipat

- 1 Januari 2020, 15:39 WIB
Ilustrasi.* /ISTIMEWA

PIKIRAN RAKYAT - Isu keamanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akan semakin serius pada 2020 ini. Risiko keamanan TIK tahun ini akan meningkat sekitar satu juta kali lipat dibandingkan lima tahun lalu.

Demikian diungkapkan Chief Digital E-Commerce Fintech (DEF) Sharing Vision, Nur Islami Javad (Jeff), di Bandung, baru-baru ini. Kondisi itu, menurut dia, terjadi karena pengguna aplikasi juga meningkat jutaan kali lipat dalam lima tahun terakhir.

"Saat ini orang semakin terbiasa menggunakan aplikasi, termasuk untuk melakukan transaksi pembayaran," katanya.

Baca Juga: Tegal Jarong, Embrio Destinasi Wisata Unggulan Baru Sumedang

Kondisi itu, menurut dia, membuat tingkat risiko keamanan juga meningkat. Pasalnya, menurut Jeff, hacker akan merapat pada sumber tempat berkumpulnya uang, termasuk aplikasi.

"Pada 2015 isu keamanan aplikasi masih kecil karena jumlah uangnya juga masih sedikit di sana. Berbeda dengan sekarang," kata Jeff.

Dulu, menurut Jeff, peretasan yang marak terjadi adalah terhadap website, internet banking, dan kartu kredit. Sementara saat ini peretasan marak terjadi pada aplikasi yang belum terlalu matang.

Baca Juga: Antisipasi Bencana Susulan, Warga Cimahi Gotong Royong Bersihkan Material Longsor

Sementara untuk aplikasi yang dirilis perbankan dan perusahaan-perusahaan besar, menurut dia, aman. Apalagi yang sudah menerapkan standar mutu keamanan ISO 27001: 2013.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X