Sabtu, 22 Februari 2020

Ekspor Benih Lobster Dibatalkan, Dedi Mulyadi: Menteri Paham Kebutuhan Indonesia ke Depan

- 26 Desember 2019, 18:56 WIB
BENIH lobster.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengapresiasi pembatalan wacana ekspor bayi lobster oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pemerintah diharapkan lebih memfokuskan perhatiannya kepada peningkatan kualitas budidaya lobster.

"(Pembatalan ekspor bayi lobster) ini menunjukkan Menteri Kelautan dan Perikanan paham apa yang menjadi kebutuhan kelautan di Indonesia ke depan,” ujar Dedi usai kegiatan reses di Kabupaten Purwakarta, Kamis 26 Desember 2019.

Baca Juga: KPAI Beri 4 Saran pada Mendikbud untuk Cegah dan Tekan Kekerasan di Sekolah

Menurut dia, pemerintah sudah semestinya berinovasi memanfaatkan teknologi dalam pembudidayaan lobster untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan negara. Nilai jual lobster dewasa diakui jauh lebih mahal dibandingkan bayinya.

Pemerintah bisa memulainya dengan meningkatkan mutu dan kurikulum pendidikan di sekolah khusus kelautan. Bukan hanya standar sekolah yang ditingkatkan tetapi juga pembiayaan dan teknologi, termasuk tenaga pengajarnya harus disesuaikan.

“Bukan sekadar sekolah kelautan, tapi lembaga pendidikan Indonesia yang berada di pinggir pantai diajarkan mengenai kelautan sebagai salah satu fokusnya,” ujar Dedi.

Baca Juga: Aktor Oka Antara Sabet Penghargaan di Asian Academy Creative Awards 2019

Sehingga, para pelajar setempat bisa mengembangkan potensi yang ada di sekitarnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X