Tes Urine Pilot, Belum Ada yang Terbukti Narkoba

- 21 Desember 2019, 18:09 WIB
ILUSTRASI Tes Urine.*/ANTARA /null

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Perhubungan menggelar tes urine secara acak atau Random Check RUN (Rapid Urine Napza) di sejumlah bandar udara.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan awak penerbangan bebas dari narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba) selama bertugas termasuk saat liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kepala Balai Kesehatan Penerbangan Sri Murani Ariningsih mengatakan, berdasarkan hasil tes, tidak ada temuan mayor terkait awak penerbangan yang mengunakan obat terlarang.

Baca Juga: Ikan Paus Berukuran 8 Meter Terdampar Masuk ke Sungai, Puluhan Nelayan Gotong Royong Kembalikan ke Laut

Awak penerbangan yang menjalani tes urine terdiri dari pilot, pramugari (Flight Attendant), petugas Flight Operation Officer (FOO) dan petugas Pemandu Lalu Lintas Penerbangan (ATC).

“Kami telah melakukan random check RUN (Rapid Urine Napza) tidak ditemukan awak penerbangan yang menggunakan obat terlarang,” ungkap Sri yang akrab dipanggil Rindu di Jakarta, Sabtu 21 Desember 2019.

Menurut Rindu, pemeriksaan random check RUN sudah dilakukan di bandar udara Adi Sucipto Yogyakarta, Bandar Udara Juanda Surabaya, Bandar Udara Ngurah Rai Denpasar dan Bandar Udara Hasanuddin Makasar.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti menegaskan, salah satu syarat wajib bagi seluruh awak penerbangan adalah bebas dari narkoba.

Kemenhub akan memberi sanksi tegas jika ada awak penerbangan yang terbukti menggunakan narkoba.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X