Sabtu, 22 Februari 2020

Susi Klaim Pelarangan Ekspor Benih Lobster Tingkatkan Hasil Lobster

- 18 Desember 2019, 09:20 WIB
Susi Pudjiastuti memberikan data-data penting tentang pelarangan ekspor benih lobster yang menurutnya akan meningkatkan hasil lobster /Instagram.com/@susipudjiastuti

PIKIRAN RAKYAT - Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali mengangkat isu kebijakan ekspor benih lobster yang sedang dikaji Kementerian KKP saat ini.

Susi masih ngotot karena merasa kebijakan tersebut tidaklah tepat karena justru merugikan masyarakat Indonesia.

Kali ini, Susi menampilkan data lewat Twitter terkait besarnya keuntungan dari pelarangan benih lobster tersebut.

Baca Juga: Jokowi Jamin Arsitek Senang Kontur Ibu Kota Baru Indonesia

"Grafik ekspor Lobster Indonesia dari tahun ke tahun. Pelarangan ekspor perdagangan bibit lobster dimulai tahun 2015," cuit Susi pada Rabu 18 Desember 2019.

Cuitan tersebut disertai sebuah grafik yang menunjukkan nilai ekspor Lobster Panulirus di Indonesia pada tahun 2014 hingga 2019.

Dalam grafik tersebut, terlihat naik-turunnya grafik pada setiap bulan. Grafik paling rendah ada pada bulan Januari 2015 kemudian mulai meningkat dan mencapai posisi tertinggi pada November 2018.

Secara umum, terlihat bahwa terjadi peningkatan hingga November 2018 namun kembali menurun hingga September 2019.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Rancangan Ibu Kota Baru yang Berbeda dengan Jakarta hingga Legenda Jerman yang Ungkap 3 Tim Terfavorit Juara Liga Champions 2020

Grafik tersebut disertai penjelasan bahwa hasil lobster sempat menurun saat pertama kali pelarangan ekspor benih lobster lewat PermenKP No. 56 Tahun 2016, kemudian melonjak hingga September 2019.

Halaman:

Editor: Alza Ahdira

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X