Sabtu, 22 Februari 2020

Tol Samarinda-Balikpapan Jadi Tol Pertama di Kalimantan, Terhubung dengan Ibu Kota Baru Indonesia

- 17 Desember 2019, 17:55 WIB
FOTO udara kawasan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, 28 Agustus 2019. Sepaku dan Samboja, Kutai Kartanegara akan menjadi lokasi ibu kota negara baru Indonesia.* /ANTARA

KUTAI KARTANEGARA, (PR).- Jalan Tol Samarinda-Balikpapan menjadi tol pertama yang dibangun di Pulau Kalimantan. Tol tersebut memiliki panjang total 99,3 kilometer.

Tol Samarinda-Balikpapan terdiri atas 5 seksi dan saat ini baru rampung 3 seksi sepanjang 58,7 kilometer. Presiden Joko Widodo meresmikan ketiga seksi tol tersebut di Gerbang Tol Samboja, Selasa 17 Desember 2019.

Jokowi menyebutkan, dua seksi sisanya ditargetkan rampung pada April 2020.

“Ini adalah jalan tol yang pertama di Pulau Kalimantan dan kita harapkan dari pembangunan ini, kecepatan efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang logistik bisa kita dapatkan,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Tol Samarinda-Balikpapan Dihubungkan ke Ibu Kota

Bila Tol Samarinda-Balikapapan rampung, maka akan memperpendek jarak tempuh dua kota tersebut. Sebelum ada tol, jarak tempuh bisa mencapai enam jam.

Dengan adanya tol, jarak tempuh antar kedua kota itu bisa diperpendek menjadi satu per empat jam.

“Jalan tol ini akan memperlancar efektifitas antara dua pusat pertumbuhan di Kalimantan Timur, Kota Samarinda dan Kota Balikpapan yang merupakan kota kegiatan ekonomi bisnis,” ujarnya.

Dihubungkan dengan ibu kota

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X